Daftar Pakan Alternatif untuk Membantu Pertumbuhan Ayam


Pertanianku – Pakan ayam yang baik dapat membantu pertumbuhan ayam. Namun, untuk pakan kadang kita membeli dengan jumlah harga yang mahal dan tentu itu banyak sekali dikeluhkan oleh banyak peternak. Harga pakan yang naik tidak dibarengi dengan harga ayam per potong. Harga ayam tetap saja tidak naik walau harga pakan sangat mahal. Agar tidak rugi dan tetap bisa menjalankan usaha ternak ayam, kita harus mengakali dengan pakan alternatif dan meramu pakan buatan sendiri. Tujuannya, menekan harga pakan yang mahal.

Cara ini dirasa efektif bagi Anda yang beternak ayam kampung, ayam broiler, dan jenis ayam lainnya. Selain untuk menghemat biaya yang dikeluarkan, pakan alternatif juga banyak sekali fungsinya antara lain menambah nafsu makan ayam, tahan terhadap penyakit, meningkatkan produktivitas telur ayam kampung, menambah bobot ayam pedaging, dan masih banyak lagi.

Dalam membuat pakan alternatif ayam kampung diperlukan bahan-bahan utama serta bahan tambahan yang menjadi kunci untuk menekan biaya pakan untuk ayam kampong. Bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sulit untuk ditemukan sebab bahan-bahan tersebut bisa mudah ditemukan.

Cara membuat pakan alternatif untuk ayam kampung:

Dedak bekatul

Didapat dari pabrik penggilingan beras, Anda bisa membelinya di sana. Dedak ada dua jenis, yaitu halus dan kasar. Anda bisa menggunakan dedak halus untuk pakan ayam. Dedak kasar juga bisa digunakan, tapi jangan terlalu banyak.

Pohon talas

Pohon talas tersebar di Indonesia dan sudah pasti Anda akan gampang mendapatkan bahan ini. Gunakan umbi talas, kemudian cincang sampai halus. Bagian batang dan daun juga bisa diberikan kepada ayam dengan cara yang sama, yaitu mencingcangnya, yang tidak boleh diberikan adalah bagian akar pohon talasnya. Anda bisa mencampur umbi, batang, dan daun talas untuk dijadikan pakan.

Baca Juga:  Inilah Teknik Budidaya Jangkrik yang Baik dan Benar

Beras dolog atau catu

Anda sudah pasti tahu tentang beras dolog atau catu beras jenis ini relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis beras pada umumnya. Jika Anda membeli beras ini, tentu lebih murah dari pakan yang biasanya Anda beli.

Tepung tulang

Tepung tulang bisa Anda dapatkan di toko peternakan terdekat. Sebenarnya, bahan ini tidak terlalu dibutuhkan, tapi jika Anda membuat pakan untuk ayam petelur Anda harus menambahkannya. Tepung tulang kaya akan nutrisi untuk pakan. Jadi, sebaiknya Anda menambahkan tepung tulang untuk memperkaya kandungan gizi ayam.

loading...
loading...