Daging Analog dari Jamur Tiram, Begini Cara Buatnya

Pertanianku — Olahan daging sangat dinikmati. Berbagai menu bisa dibuat dengan menggunakan daging mulai dari daging sapi, kambing, domba, hingga daging lainnya. Sayangnya, tidak semua orang bisa menikmati olahan daging karena faktor kesehatan. Ada cara lain untuk tetap menikmati daging ini. Salah satunya dengan membuat daging analog dari jamur tiram.

daging analog dari jamur tiram
Foto: instagram satecakcil.id

Daging analog adalah bahan makanan mirip dengan daging namun dalam pembuatannya tidak mengunakan daging sama sekali. Bahan pembuatan daging analog yang umum digunakan adalah jagung, kedelai, gluten dari terigu, jantung pisang, serta jamur. Salah satu jenis jamur yang bisa digunakan adalah jamur tiram.

Jamur sendiri memiliki kandungan protein yang tinggi, sama seperti daging yang dikenal kaya akan protein. Jamur tiram digunakan karena mudah dicari, memiliki harga yang murah, dan mudah dimanfaatkan.


Loading...

Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat daging analog dari jamur tiram adalah jamur tiram sebanyak 800 gram, es atau air dingin, minyak jagung, dan isolat soy protein (ISP). Fungsi dari ISP ini adalah untuk mengikat protein pada pembuatan daging analog. Alat utama yang Anda perlukan adalah food processor yang digunakan untuk mengaduk adonan daging analog.

Pembuatan emulsi dilakukan dengan pengikatan es atau air dengan minyak jagung. Aduk kedua bahan ini dan tambahkan ISP dengan menggunakan food processor sampai merata. Sisihkan emulsi ini jika sudah tercampur rata dan bentuknya memadat.

Langkah berikutnya adalah mengolah jamur tiram. Cuci dan bersihkan jamur tiram. Kukus dan masak selama kurang lebih 10 menit hingga teksturnya sedikit melunak. Tiriskan jamur agar kandungan airnya berkurang.

Saat pengolahan, berat jamur akan berkurang hingga separuhnya. Anda bisa mengeringkan jamur ini lebih lanjut dengan diperas dalam kain dan dikeluarkan airnya. Jika sudah cukup kering, cincang kasar jamur tersebut dan sisihkan.

Campurkan bahan emulsi, irisan jamur, dan bumbu lain sesuai selera Anda menjadi satu. Aduk adonan tersebut dengan menggunakan tangan sampai tercampur rata. Jika adonan sudah bisa dibentuk, Anda bisa membentuknya sesuai selera. Kukus daging analog selama 10—15 menit sampai matang dan siap diolah lebih lanjut seperti daging biasa.

Loading...
Loading...