Daging Kambing vs Domba, Lebih Sehat Mana?


Pertanianku – Ketika merayakan Idul Adha bersama keluarga, daging kambing pasti menjadi menu favorit yang disantap bersama keluarga. Bahkan, tak hanya karena perayaan, masyarakat Indonesia memang terkenal menyukai berbagai macam olahan daging kambing. Salah satu olahan daging kambing yang paling banyak digemari adalah sate.

Foto: pexels

Sate kambing lebih populer untuk dijadikan menu makanan dibandingkan sate domba. Mungkin Anda hampir tidak pernah mendengar sate domba. Kebanyakan masyarakat mengenal olahan daging domba ditemui pada kebab atau lamb chop di restoran.

Bahkan Anda pasti akan sulit untuk membedakan mana daging kambing atau daging domba? Lantas, apakah ada bedanya antara kedua daging ini? Mana yang lebih sehat?

Berikut beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang daging kambing dan juga daging domba.

Daging domba mungkin tidak sepopuler daging kambing di Indonesia. Padahal, menurut Direktorat Gizi Departmen Kesehatan RI, daging domba memiliki nilai gizi yang lebih baik daripada daging kambing per 100 gramnya.

Dalam setiap 100 gram daging domba terdapat 206 kalori, 17,1 gram protein, dan 14,8 gram lemak. Adapula 10 mg kalsium, 191 mg fosfor, 2,6 mg zat besi, 0,15 mg vitamin B1, serta 66,3 gram air.

Daging domba lebih kaya protein, fosfor, zat besi, dan vitamin B1 daripada daging kambing. Walau lebih tinggi kalori dan lemak, daging domba (tanpa lemak) bisa jadi sumber protein bagi mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

Jika semua bagian lemak yang tampak pada daging domba dibuang, rata-rata lemak yang tersisa adalah 3,7% dalam keadaan mentah dan 6 persen jika sudah dimasak.

Daging domba lokal vs impor

Daging domba lokal banyak berasal dari Pulau Jawa seperti Garut, Wonosobo, dan Banjarnegara. Peternakan domba juga bisa ditemui di Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sementara itu, daging domba impor yang dijual di Indonesia biasanya berasal dari Australia.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Tersembunyi yang Dimiliki Buah Naga

Menurut Meat & Livestock Australia (MLA), Australia adalah salah satu negara pengekspor daging domba terbaik di dunia. Selain karena wilayahnya cocok untuk beternak domba, berbagai penelitian dan pengembangan teknologi terkait produksi peternakan terus dilakukan di negara ini.

Daging domba Australia sudah bersertifikat halal. Selain itu, standardisasi keamanan dan kesehatan daging domba Australia dijamin oleh AUSMEAT. Seluruh ternaknya pun bebas penyakit seperti anthrax serta penyakit mulut dan kaki.

loading...
loading...