Daging Tiruan Bisa Dibuat dengan Bahan Ini

Pertanianku — Kenikmatan olahan daging tidak bisa dinikmati semua orang. Selain karena faktor kesehatan, beberapa orang tidak bisa mengonsumsi daging karena sedang melakukan diet khusus. Kini, sudah ada banyak bahan yang Anda gunakan untuk membuat daging tiruan dengan rasa yang tak kalah sedap.

membuat daging tiruan
Foto: unsplash

Gluten

Gluten merupakan protein yang terdapat pada tepung terigu. Untuk bisa memisahkan gluten dari terigu, caranya adalah dengan menguleni terigu sampai kalis. Kemudian, adonan yang sudah kalis ini dibilas di bawah air mengalir sampai tepung tersebut larut dan tersisa sari pati tepung.

Loading...

Tekstur gluten yang kenyal ini bisa dimanfaatkan sebagai daging tiruan. Berbagai olahan masakan yang bisa dibuat dengan gluten sebagai daging tiruan adalah rendang, bakso, dan sate.

Kedelai

Bisa dibilang, popularitas kedelai sebagai bahan baku pembuatan daging tiruan adalah yang paling banyak digunakan. Beberapa olahan daging yang bisa dibuat dari kedelai adalah daging analog. Cara membuatnya dengan mengolah kedelai menjadi tepung. Anda bisa mencampurkannya dengan gluten untuk memperoleh tekstur yang lebih kenyal.

Kolang-kaling

Buah yang satu ini tak banyak yang memanfaatkan sebagai daging tiruan. Padahal, teksturnya yang kenyal dan padat bisa diolah menjadi salah satu olahan hewani yang cukup terkenal, yakni sebagai pengganti kikil.

Jagung

Nama dagang dari daging nabati yang diolah dari jagung salah satunya adalah Proteina. Hasil yang bisa didapatkan dari daging ini bisa dalam bentuk cincangan, kasar, dan irisan. Cara pengolahannya pun sangat mudah, yakni dengan direndam menggunakan air panas. Daging analog pun akan mengembang dan siap dibumbui sesuai resep yang Anda inginkan.

Jamur

Olahan yang biasa dibuat dari jamur ini adalah sate jamur, tumis daging, hingga daging cincang. Bahkan, makanan olahan daging sudah banyak menggunakan jamur sebagai substitusi penggunaan ayam ataupun daging. Anda tentu sudah tidak asing dengan mi ayam jamur ataupun tumis daging dan daging cincang yang menggunakan jamur.

Baca Juga:  Cara Membuat Gluten atau Daging Sintetis ala Vegan dan Vegetarian

Jantung pisang

Pengolahan jantung pisang yang benar juga bisa menjadikan rasanya seperti daging. Olahan yang terkenal adalah dendeng dan abon dari jantung pisang. Serat pada bakal buah pisang ini diolah dengan cara dikupas, direndam, dan dicuci hingga bersih terlebih dahulu sebelum diolah dengan bumbu-bumbu yang disiapkan.

Loading...
Loading...