Dahsyatnya Manfaat Akar Pisang untuk Atasi Masalah Kesehatan


Pertanianku — Tahukah Anda? Selain buahnya, manfaat akar pisang juga sangat menakjubkan dan baik untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung serotonin, norepinefrin, tanin, hidroksitriptamin, dopamin, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

manfaat akar pisang
Foto: Pixabay

Mesipun belum ada penelitian mendalam, akar pisang diklaim dapat mengobati beberapa penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat ditangani dengan memanfaatkan akar pisang sebagai obatnya.

  1. Pereda demam

Pada dasarnya, akar pisang memiliki sifat antipiretik yang dapat memberi efek dingin pada tubuh. Efek dingin inilah yang nantinya dapat digunakan untuk meredakan demam. Antipiretik sendiri merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk merujuk obat pereda demam dengan cara mempercepat aliran darah dan mengeluarkan suhu panas melalui pori-pori sebagai keringat.

  1. Antiradang

Akar pisang rupanya sudah menjadi obat tradisional yang dipakai untuk mengobati peradangan dari generasi ke generasi. Untuk mengobati radang tenggorokan, Anda bisa mencuci satu genggam akar pisang kepok hingga bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Sambil diremas-remas, tambahkan 3/4 cangkir air masak.

Setelah itu, peras akar pisang hingga diperoleh sarinya kemudian saring. Gunakan air sari akar pisang tersebut untuk berkumur 4—6 kali sehari hingga radang sembuh.

  1. Mengobati hipertensi

Bagi penderita hipertensi (darah tinggi) akar pisang juga berguna untuk mengobati bahkan mencegah terjadinya hipertensi. Cara menggunakannya, yaitu dengan merebus akar pisang segar sebanyak 30—120 gram. Setelah dingin, Anda dapat meminum airnya. Untuk mendapat hasil yang optimal, minum satu cangkir 3 kali sehari secara rutin.

  1. Pereda rasa sakit

Untuk luka ringan, akar pisang bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit. Tanin yang terkandung pada akar pisang dapat membantu mencegah rasa sakit pada luka baru. Sementara, untuk membantu menutup pembuluh darah, Anda dapat menggunakan manfaat getah pisang.

  1. Mengobati sariawan
Baca Juga:  Kurangi Risiko Diabetes dengan Konsumsi Walnut, Benarkah?

Akar pisang rupanya memiliki kemampuan untuk mencegah serta mengobati sariawan. Hal ini karena akar pisang dapat bertindak sebagai antiseptik melawan infeksi dan anti-inflamasi.

  1. Mengobati penyakit kulit

Kandungan antipiretik dan anti-inflamasi yang ada pada akar pisang juga dipercaya dapat mengobati penyakit kulit.

  1. Mengobati maag atau borok lambung (bibis)

Kandungan dopamin yang ada pada akar pisang bisa menghambat pengeluaran asam lambung jadi baik untuk mencegah timbulnya penyakit maag. Untuk mengobati maag yang disertai mual serta perih, Anda bisa memakai air rendaman akar pisang sebagai herbal alternatif.

loading...
loading...