Dampak Buruk Bagi Ayam Akibat Kualitas Air Minum Jelek

Pertanianku — Semua yang akan diberikan pada ayam ternak sebaiknya berkualitas bagus, mulai dari kondisi kandang, sirkulasi udara, pakan, hingga air minum. Kondisi kualitas air minum yang buruk dapat menyebabkan akibat yang fatal meskipun volume air yang Anda sediakan sudah sesuai dengan kebutuhan ternak.

air minum
foto: Pertanianku

Dampak yang nyata dari jeleknya kualitas air adalah pertumbuhan dan produksi telur yang terhambat. Celakanya, air minum masih sering menjadi faktor yang kurang disadari. Saat peternak melihat penurunan atau hambatan di dalam kandang, biasanya bagian yang diperiksa adalah pakan, vaksin, penyakit, dan mutu DOC. Air minum sering menjadi faktor yang dilupakan.

Air berfungsi sebagai pelarut bahan anorganik dan organik di dalam tubuh ayam. Air juga membantu tubuh untuk proses metabolisme bahan pakan dan penyerapan zat-zat makanan serta proses transportasinya.

Air juga berfungsi mengatur suhu tubuh karena air menyimpan panas tubuh dan melepaskannya melalui penguapan. Melihat dari beberapa fungsi penting air yang sudah dijelaskan, sangat masuk akal bila kualitas air yang jelek bisa berdampak buruk bagi ayam.

Kualitas air minum yang kurang bagus dapat menyebabkan laju konsumsi pakan menurun, konversi pakan buruk, laju pertumbuhan menurun, produktivitas menghasilkan telur terlambat, serta ayam mengalami kasus diare sehingga kadar ammonia di dalam kandang tinggi. Apabila air yang digunakan sudah tercemar logam berat atau racun, kemungkinan besar ayam dapat mengalami kematian.

Kualitas air minum dapat dijaga dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Tampung air di tempat khusus sebelum diberikan pada ternak ayam.
  • Tempat air minum sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung. Tempat minum tidak terbuat dari bahan yang mudah berkarat.
  • Air yang akan dikonsumsi juga sebaiknya tidak terkena sinar matahari secara langsung, suhu air harus dijaga tetap stabil tidak lebih dari 25°C.
  • Air minum sebaiknya diberikan secara ad libitum.
  • Tempat minum harus dibersihkan setiap hari untuk mencegah kontaminasi karena ada benda asing yang masuk.
Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit