Dampak Buruk dari Bau Peternakan Ayam Kampung

Pertanianku — Proses peternakan ayam kampung dapat menimbulkan bau yang sangat mengganggu. Namun, ternyata bau peternakan ayam kampung tidak hanya berdampak buruk pada kenyamanan, tetapi juga berdampak buruk pada beberapa aspek lain, seperti kesehatan ayam, pekerja, beban pekerja, dan lingkungan.

bau peternakan ayam kampung
foto: Pertanianku

Menyebabkan boros pakan

Penyebab bau pada peternakan ayam kampung adalah nutrisi pakan yang kurang tepat, bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah. Kondisi tersebut dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak berjalan maksimal sehingga banyak kandungan nutrisi yang tidak diserap oleh tubuh. Akibatnya, ayam lebih rentan terkena penyakit saluran pencernaan, seperti mencret yang menyebabkan kotoran ayam cair dan berbau.

Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, malah akan menyebabkan pemborosan pakan. Hal ini karena kadar pakan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Memicu kehadiran lalat

Jika semut datang karena ada gula, lalat datang karena ada aroma bau yang menyengat. Lalat akan datang dan hinggap di kandang serta bertelur pada kotoran ayam. Jika kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, perkembangan lalat di dalam kandang menjadi sangat pesat. Lalat-lalat yang beterbangan di dalam kandang akan mengganggu ayam sehingga ayam merasa tidak nyaman dan berpotensi menjadi vektor penyakit untuk ayam dan manusia.

Memicu penyakit ayam

Bau peternakan ayam kampung disebabkan oleh tingginya kadar amonia di dalam kandang. Amonia sangat berbahaya bagi ayam karena bisa menyebabkan gangguan pernapasan apabila dihirup secara terus-menerus oleh ayam. Amonia juga membuat daya tahan tubuh ayam menurun sehingga lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Menambah pekerjaan

Kandang bau yang disebabkan oleh kotoran ayam juga mengakibatkan pekerjaan bertambah. Peternak harus segera mengatasi penyebab utama kenapa kandang bisa bau. Misalnya, kotoran ayam menjadi basah akibat bagian atap bocor atau karena ketumpahan air bekas minuman. Jika penyebab tersebut tidak segera diatasi, peternak akan kesulitan untuk mengatasi kotoran yang bau.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Pertumbuhan Ayam yang Tidak Seragam

Sebenarnya, beternak ayam kampung tanpa bau bukan perkara yang mustahil. Anda bisa mempelajari caranya di buku Beternak Ayam Kampung Tanpa Bau. Buku tersebut membahas cara beternak ayam kampung tanpa mengeluarkan bau dengan cara alami karena menggunakan bahan-bahan herbal yang aman sehingga ayam kampung yang dihasilkan jadi lebih sehat. Untuk mendapatkannya sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.


loading...