Dampak Buruk Memelihara Murai di Lingkungan Kurang Kondusif

Pertanianku – Lingkungan penangkaran perlu mendapat perhatian. Jika kurang memungkinkan, seperti terlalu sempit, penuh aktivitas keluarga, banyak gangguan binatang dan asap dapur, serta lingkungan terlalu panas, sebaiknya mengurungkan niat untuk menangkarkan murai. Pemaksaan lingkungan dapat berdampak buruk dan merugikan bagi penangkaran murai. Berikut dampak buruknya.

Menangkarkan Murai

  1. Bisa membuat pasangan yang dijodohkan berantakan Jika lingkungan tempat penangkaran yang direncanakan kurang kondusif, bisa membuat pasangan murai cekcok atau tidak akur lagi. Hal itu karena lingkungan yang tidak baik berdampak sangat buruk pada burung yang akan ditangkarkan.
  2. Bisa memperlambat proses perkawinan Dampak buruk yang bisa ditimbulkan akibat lingkungan tidak baik adalah tidak akan terjadi perkawinan dalam waktu singkat. Hal itu disebabkan tidak adanya ketenangan yang bisa membuat pasangan indukan selalu bersama atau terus saling dekat dan bercumbu rayu.
  3. Tidak mau mengerami telurnya Akibat negatif lain yang bisa terjadi dari pengaruh lingkungan tidak baik adalah indukan tidak mau mengerami telurnya. Ini bisa terjadi karena indukan merasa tidak nyaman atau ada rasa takut yang berlebihan.

 

Loading...

Sumber: Buku Sukses Beternak Murai Batu

 

Loading...
Loading...