Dara Mahkota Asal Papua yang Terancam Punah

PertaniankuDara mahkota atau mambruk merupakan hewan yang terancam punah. Satwa asal Papua ini sudah masuk daftar merah Badan Konservasi Alam Internasional, Pemerintah juga sudah memasukkannya ke daftar satwa dilindungi berdasarkan PP 7/1999.

dara mahkota
foto: PIxabay

Dara mahkota hidup di hutan dataran rendah di bagian selatan Papua. Burung ini pernah menjadi logo uang logam pecahan Rp25 terbitan Bank Indonesia emisi 1971. Pada uang logam tersebut Anda bisa melihat seekor burung yang memiliki mahkota unik di atas kepalanya.

Melansir dari laman Indonesia.go.id, mambruk termasuk salah satu di antara 650 spesies burung yang berasal dari Papua dan bagian dari 1.812 jenis burung di Nusantara. Hal tersebut berdasarkan data organisasi burung Indonesia pada 2021. Ada tiga spesies mambruk yang seluruhnya merupakan endemik Papua.

Spesies pertama dikenal sebagai mambruk selatan (Goura scheepmakeri) dengan nama internasional southern crowned pigeon. Mambruk selatan memiliki ciri khas berupa warna biru keabu-abuan dengan jambul rumit seperti renda biru. Iris matanya berwarna merah dan bulu dada berwarna merah marun gelap. Para pakar ilmu burung atau ornitologi menganggap mambruk selatan merupakan burung paling indah di dunia.

Mambruk selatan merupakan merpati darat terbesar di mana ukuran betina dan jantan hampir sama, meskipun tetap lebih besar jantan. Mambruk selatan hanya bisa Anda temui di hutan Kampung Fanamo, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika. Hal ini berdasarkan data lapangan yang diperoleh tim Balai Taman Nasional Lorentz pada 2016.

Spesies selanjutnya dari dara mahkota adalah mambruk victoria (Goura victoria). Ukuran spesies kedua ini lebih besar dari mambruk selatan, bulunya berwarna biru keabu-abuan, memiliki jambul seperti kipas dengan ujung putih, dada merah marun dan paruh berwarna abu-abu. Di sekitar mata mambruk victoria terdapat topeng hitam dengan iris mata berwarna merah. Mambruk victoria tersebar di hutan dataran rendah, hutan sagu, dan hutan rawa di utara Papua.

Baca Juga:  Ikan Capungan Banggai Sudah Tidak Terancam Punah Lagi

Spesies terakhir adalah mambruk ubiaat (Goura cristata) atau lebih dikenal dengan nama mambruk barat. Ciri mambruk barat hampir sama dengan kedua mambruk sebelumnya.