Dari Biji, Begini Cara Pembibitan Avokad

Pertanianku Cara pembibitan avokad bisa dilakukan sendiri. Anda pun bisa menanam buah yang satu ini tanpa membeli bibit buahnya terlebih dahulu. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

Cara pembibitan avokad
Foto: freepik

Untuk menanam pohon avokad langsung dari bijinya, berarti Anda memerlukan bibit dari buah avokad. Buah yang dipilih pun usahakan merupakan buah dengan kualitas yang baik. Pilihlah buah avokad yang sudah tua. Buah ini sebaiknya bukan buah yang pecah dan bukan pula buah yang jatuh dengan keras.

Untuk mengambil biji di bagian dalam buah, potong buah menjadi 2 bagian tanpa mengenai biji buah tersebut. Pisahkan biji dengan daging buah. Lepaskan bagian terluar biji hingga tampak warna cokelat muda. Cuci biji alpukat hingga bersih.

Loading...

Siapkan tusuk gigi sebanyak tiga buah. Tusukkan tusuk gigi tersebut di tiga titik buah alpukat. Anda harus memastikan tusuk gigi tersebut berada di satu garis melingkar dengan posisi serokan lebih serong ke arah bawah.

Bagian atas biji avokad merupakan bagian yang akan ditumbuhi oleh tunas. Bentuknya lebih lonjong dibandingkan bagian bawah avokad tersebut. Sementara, bagian bawahnya merupakan tempat tumbuhnya akar.

Selanjutnya, siapkan wadah penampung air yang digunakan untuk menumbuhkan tunas tanaman avokad. Media air ini bisa menggunakan wadah berupa cup atau gelas plastik berukuran sedang.

Siapkan air biasa secukupnya. Jangan terlalu banyak karena air bisa tumpah. Pastikan jumlah air bisa mengenai bagian dasar biji avokad. Siapkan pula gula pasir dan spidol atau pulpen.

Langkah-langkah pembibitan avokad sebagai berikut. Anda harus menuangkan air ke dalam wadah yang akan digunakan. Pastikan air yang Anda berikan bisa menyentuh permukaan dasar biji avokad jika biji diletakkan. Namun, air juga jangan terlalu banyak agar tidak tumpah. Kurang lebih sebanyak ¾ wadah saja.

Baca Juga:  Khasiat Jeruk Bali di Balik Rasanya yang Asam dan Pahit

Letakkan biji avokad yang sudah ditusuk ke atasnya. Pastikan posisinya sudah benar, yakni bagian atasnya untuk pertumbuhan daun dan bagian bawahnya untuk pertumbuhan akar. Berikan garis sesuai dengan ukuran air tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa menuangkan gula pasir sebanyak satu sendok makan ke dalam wadah berisi air tersebut. Gula pasir akan memberikan nutrisi pada pertumbuhan avokad di masa-masa awal.

Letakkan proses pembibitan avokad ini di bawah teduhan. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung. Salah satu tempat yang bisa Anda gunakan adalah dekat dengan jendela.

Loading...
Loading...