Dari Pepaya Biasa Hingga Pepaya Unggul


Pertanianku -Beragam jenis, rasa, warna, ukuran, dan bentuk pepaya dapat ditemui di pasaran, mulai dari yang rasanya kurang manis hingga sangat manis. Ada yang berbentuk bulat hingga lonjong seperti peluru dan ada yang kulitnya berwarna kuning hingga oranye.

Tanaman pepaya yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah jenis pepaya tipe besar seperti Jinggo, Dampit, Cibinong, dan Paris. Sementara pengembangan pepaya mini seperti tipe pepaya hawaii masih terbatas di wilayah-wilayah tertentu.

Dari Pepaya Biasa Hingga Pepaya Unggul

Meski Indonesia kaya akan keragaman buah tropika, tetapi produksi buah dalam negeri terancam tergeser dengan maraknya buah-buahan impor. Perdagangan bebas antarnegara mengakibatkan persaingan pasar global sangat ketat. Oleh karena itu, perdagangan buah-buahan yang berkualitas tinggi, jaminan produksi buah berkesinambungan (kontinuitas) serta aman, sehat, dan bebas pestisida menjadi standar kualitas yang harus diikuti. Derasnya aliran buah-buah impor yang masuk ke dalam negeri tidak dapat terbendung. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan meningkatkan daya saing buah tropika Indonesia.

Kendati upaya pemenuhan kebutuhan akan buah pepaya terus mengalami peningkatan, ternyata masih banyak kendala yang harus dihadapi. Kendalakendala tersebut antara lain rendahnya produktivitas, ukuran buah yang tidak sesuai pasar, terbatasnya kultivar unggul yang cepat berbuah, rasa buah yang kurang manis, serta kemampuan adaptasi tanaman yang rendah terhadap cekaman lingkungan (terutama kekeringan serta hama dan penyakit).

Untuk mengatasi kendala tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan pemuliaan tanaman pepaya. Dengan pemuliaan pepaya diharapkan akan diperoleh kultivar pepaya unggul baru dengan sifat-sifat yang diinginkan seperti produktivitas tinggi, berumur genjah/cepat berbuah, ukuran buah sesuai selera konsumen, rasa manis, serta tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Dengan pemuliaan tanaman, dapat dihasilkan pepaya dengan tipe sesuai dengan keinginan konsumen. Pepaya berukuran besar untuk keluarga besar atau untuk dihidangkan dalam acara pesta/resepsi, tipe sedang untuk keluarga kecil, dan tipe kecil untuk konsumsi sendiri. Saat ini, pepaya tipe kecil/mini mulai digemari karena konsumen tidak perlu repot mengupasnya, yakni cukup dengan membelah buah menjadi dua, daging buah bisa langsung dinikmati menggunakan sendok.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik

Untuk tujuan industri, pepaya unggul penghasil papain mampu menghasilkan papain yang berkualitas tinggi dan dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian, pepaya unggul mampu memberikan manfaat yang besar bagi berbagai pelaku bisnis buah segar, industri papain, hingga industri rumah tangga dengan berbagai macam olahannya.

 

Sumber: Buku Budidaya Pepaya Unggul

loading...
loading...