Dasar-dasar Menumbuhkan Sayuran di Pekarangan Rumah


Pertanianku — Menurut Anda apakah menumbuhkan sayuran di pekarangan rumah itu sulit? Sebenarnya, hal itu bisa dengan mudah dilakukan, asalkan Anda mengetahui dasar-dasar menumbuhkan sayuran terlebih dahulu.

dasar-dasar menumbuhkan sayuran
Foto: Pixabay

Jika Anda seorang tukang kebun yang ahli, Anda mungkin tahu bagaimana menanam sayuran dalam ruang kecil. Tapi, jika Anda seorang pemula, memiliki kebun sayur bisa menjadi pengalaman baru untuk hidup Anda.

Melansir Boldsky, berikut ini ada beberapa hal mendasar yang perlu Anda lakukan sebelum mulai membuat kebun sayuran di pekarangan rumah Anda yang terbatas itu.

  1. Pilih area terbuka atau terkena sinar matahari

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat kebun sayur. Anda harus memilih tempat yang cerah karena tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh. Jika Anda menanam daun salad, buatlah naungan dengan jaring serta tanah harus lembap.

  1. Ketahui berapa banyak ruang yang Anda butuhkan

Setelah memilih area, tentukan seberapa banyak sayuran yang perlu Anda tanam. Bagaimanapun, Anda adalah seorang pemula. Ambil ruang kecil untuk tanaman. Jika Anda tidak memiliki ruang terbuka, maka taruh berbagai jenis tumbuhan ke dalam satu pot.

  1. Bersihkan spot

Bisakah Anda tinggal di tempat kotor? Tentu saja tidak. Dan, tanaman pun sama seperti Anda. Jadi, sebelum menanam, bersihkan area dan singkirkan gulma. Selain itu, Anda tidak harus memagari kebun sayur dengan semak bunga karena itu merupakan tempat persembunyian siput yang dapat merusak tanaman sayuran Anda.

  1. Rawat kebun Anda

Dalam metode berkebun ini, Anda dapat menempatkan berbagai jenis sayuran secara bersamaan dalam satu kelompok. Ini bisa membuat taman Anda terlihat lebih baik, tapi Anda perlu membuang gulma dengan tangan. Jangan membuat tandan terlalu besar untuk dijangkau.

  1. Tahu apa yang harus ditanam
Baca Juga:  Teknik Bertanam Sayuran Organik di Lahan Sempit

Anda perlu tahu jenis sayuran apa yang bisa ditanam di area yang Anda pilih. Selain itu, ketahui juga jenis perawatan apa yang dibutuhkan untuk sayuran tertentu itu.