Daun Anggur Berkhasiat Sebagai Peluruh Kencing

Pertanianku — Popularitas anggur sebagai buah sudah sangat terkenal. Rasanya yang manis berpadu dengan tekstur yang lembut, ditambah dengan ukuran buah yang kecil menjadikan anggur sebagai buah favorit untuk disantap secara langsung. Ternyata, tidak hanya buahnya yang sehat dan berkhasiat, daun anggur juga bisa berkhasiat sebagai peluruh kencing.

daun anggur
foto: Pertanianku

Di dalam daun anggur terdapat saponin, flavonoida, dan polifenol yang membantu Anda meluruhkan kencing. Cara pengolahannya cukup mudah, Anda hanya tinggal mencuci daun anggur segar sebanyak 15 gram, kemudian rebus dengan dua gelas air selama 35 menit. Setelah itu, diamkan hingga air rebusannya dingin. Anda bisa meminum air rebusan sebanyak dua kali, pada pagi dan sore hari.

Selain peluruh kencing, beberapa orang juga kerap menggunakan anggur sebagai pencahar untuk mengatasi permasalahan sembelit. Anggur juga berguna untuk mendetoksifikasi tubuh.

Sebelum mengonsumsi ramuan dari daun anggur, sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebagai bentuk kewaspadaan. Pasalnya, konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan diare. Ada juga beberapa orang yang memiliki riwayat alergi pada anggur dan produk anggur.

Ramuan herbal dari anggur dapat menyebabkan seseorang sakit perut, gangguan pencernaan, mual, muntah, batuk, mulut kering, sakit tenggorokan, infeksi, sakit kepala, dan masalah otot.

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya hindari ramuan herbal dari daun anggur. Anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi ramuan herbal dengan dosis yang tinggi dan berlebihan.

Tanaman anggur memiliki sosok yang unik sehingga sering dijadikan tanaman hias. Tanaman anggur tumbuh menjalar dan panjangnya bisa mencapai 8 meter. Daun anggur tunggal, tersusun berseling, berbentuk bundar hingga jorong, dan berwarna hijau. Helaian daunnya terbilang tipis, bagian pangkal berlekuk, di bagian tepi bergigi runcing, dan pada permukaannya terdapat banyak bulu.

Baca Juga:  Deretan Manfaat Biji Nangka yang Masih Jarang Diketahui

Tanaman anggur sering digunakan sebagai penutup untuk mencegah sinar matahari masuk. Hal tersebut juga sesuai dengan karakteristik tanaman anggur yang lebih senang mendapatkan sinar matahari. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari menanam anggur di pekarangan rumah, antara lain menghasilkan buah, daunnya dapat digunakan untuk obat, dan tanamannya membuat rumah terlihat lebih asri.

 

 

 


loading...