Daun Bayam Dapat Menggantikan Jaringan Jantung

Pertanianku – Bayam adalah sayuran hijau yang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Namun, tahukah Anda kegunaan lain daun bayam? Baru-baru ini terdapat sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa bayam dapat digunakan untuk mengganti jaringan jantung manusia yang rusak.

“Ketika aku melihat daun bayam, batang-batang pada daun mengingatkanku pada pembuluh darah arteri,” kata Joshua Gershlak, Ketua Tim Peneliti Worcester Polytechnic Institute.

Ide tersebut didapatkan ketika ia sedang makan siang dengan medu dedaunan hijau yang saah satunya adalah bayam. Kemudian, Gershlak berpikir banyaknya masalah mengenai kurangnya donor transplantasi.

Untuk membuat organ tiruan dibutuhkan inovasi yang hampir mirip dengan organ asli manusia, tetapi sampai saat ini masih mengalami kendala.

“Salah satu kesulitan untuk membuat organ tiruan jantung memerlukan fungsi otot yang membuat aliran darah dapat bekerja,” ujar Profesor Biomedical Engineering WPI, Gleen Gaduette.

Daun bayam merupakan salah satu alternatif yang menguntungkan karena dikembangkan dari alam dan juga mudah didapatkan. Tahap awal yang dilakukan adalah daun bayam harus dibuat tembus pandang dengan menggunakan deterjen.

Tujuannya, untuk mendapatkan stuktur pada daun yang mirip seperti pembuluh darah dan menghilangkan bagian-bagian lain pada daun. Setelah itu, daun bayam akan menyisakan bagian selulosa. Fungsi selulosa sering kali digunakan sebagai aplikasi regeneratif jaringan pada tubuh seperti tulang ataupun luka.

Percobaan yang dilakukan dengan menggunakan pewarna bukan darah mampu membuat sel otot mulai berdetak. Hal ini hampir mirip seperti cara kerja jantung.

Walaupun belum diketahui secara pasti bahwa jaringan dari bayam akan aman untuk digunakan oleh manusia, penelitian ini telah mendapat respons yang postif untuk ke depannya.

Selain memiliki nilai yang ekonomis, organ-organ tiruan yang dibuat dari bahan tumbuhan seperti bayam dapat memberikan keuntungan di bidang biomedis.

Sebagaimana mengutip Live Science peneliti dari Massachusetts’s Worcester Polytechnic Institute tersebut melihat potensi dari daun bayam untuk jantung. Bahkan, hingga saat ini penelitian tersebut masih dikembangkan lebih lanjut.

loading...
loading...