Daun Belimbing Wuluh Obat Diare pada Kelinci

Pertanianku – Ketika kelinci peliharaan Anda terserang diare cobalah berikan obat alami yaitu dari daun belimbing wuluh. Temuan ini diciptakan oleh tiga mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Belimbing Wuluh Obat Diare pada Kelinci

“Kami membuat antibiotik untuk kelinci karena kelinci yang paling sering diserang penyakit diare apalagi di Malang ketika musim hujan,” ungkap salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya, Rhezaldian Eka Darmawan.

Loading...

pengolahan obat diare untuk kelinci ini, Rhezaldian dibantu oleh dua rekannya yaitu Galuh Dianita dan Anas Nur Hidayah. Pada umumnya peternak kelinci biasanya memberikan antibiotik sapi ketika para kelinci diare. Namun, dosis antibotik sapi terlalu besar jika diberikan untuk kelinci. Karena kurangnya pengetahuan para peternak hal ini tetap mereka lakukan.

“Diare disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli (E.coli) dan beberapa bakteri negatif lainnya. Dari referensi yang ia baca, obat antidiare yang tepat adalah yang terbuat dari senyawa tanin. “Akhirnya kami buat dari daun belimbing wuluh yang kaya senyawa tanin,” jelas Rhezaldian.

Penyebab penyakit diare pada kelinci sama halnya yang terjadi pada manusia. Namun, ketika terkena diare, manusia biasanya menggunakan obat yang terbuat dari ekstrak daun jambu biji. Dengan kata lain, daun jambu biji dengan daun belimbing wuluh memiliki potensi yang sama untuk mengobati penyakit diare. obat antibiotik diare kelinci dari daun belimbing wuluh. Obat ini dinamakan Rabbit Herbal Antibiotic (RABALTIC).

Dari beberapa penelitian sebelumnya disebutkan 16 gram ekstrak tanin dan 100 ml akuades adalah yang paling optimal untuk menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Rhezaldian menjelaskan, penggunaannya cukup dicampurkan ke dalam minuman kelinci dengan dosis 2,5 ml. RABALTIC tersebut telah diuji coba di peternakan kelinci rekanan dengan hasil yang sangat memuaskan

Baca Juga:  Atasi Hama Tanaman Jeruk dengan Tanaman Refugia
Loading...
Loading...