Daun Ivy, Tanaman Hias Gantung yang Unik

PertaniankuDaun ivy bisa menjadi salah satu pilihan Anda saat membutuhkan tanaman hias gantung yang tumbuh merambat. Nama ilmiah tanaman hias ini adalah Hedera helix, sering disebut juga sebagai ivy, europian ivy, dan chang chun teng.

daun Ivy
foto: pixabay

Salah satu hal unik yang disukai dari daun ivy adalah corak warna pada daun (variegata) dan tahan terhadap pemangkasan. Ada daun yang berwarna seperti putih, hijau, dan kuning. Asosiasi komunitas ivy Amerika sudah menetapkan ivy yang akan dijual berdasarkan bentuk dan warna. Semua kultivar ivy dijual dalam fase juvenile tanpa memiliki bunga.

Tanaman hias ini cukup sering dijumpai di teras-teras rumah. Biasanya digunakan untuk menutup beberapa bagian rumah dan menciptakan kesan rindang di rumah. Saking seringnya digunakan sebagai tanaman hias, Anda dapat menjumpai daun ivy palsu sebagai bahan dekorasi rumah. Anda bisa menempatkan tanaman ini di daerah yang panas ataupun teduh.

Harga jual daun ivy terbilang cukup murah. Anda sudah bisa menemukan satu pot tanaman berharga Rp25.000. Tanaman hias ini sudah banyak dibudidayakan di berbagai daerah.

Tanaman ini tergolong berhari pendek obligat dengan fase juvenile mencapai 10—15 tahun. Tanaman hias gantung ini membutuhkan kondisi lingkungan yang berbeda antara fase sebelum dan sesudah iniasisi pembungaan.

Sebelum inisiasi pembungaan, tanaman membutuhkan kondisi hari pendek selama 12 jam dan diikuti dengan hari panjang selama 16 jam. Suhu lingkungan yang optimal sekitar 16—21°C. Kondisi lingkungan seperti ini sangat jarang terjadi di Indonesia sehingga Anda jarang mendapati daun ivy mengeluarkan bunga atau biji secara alami.

Daun ivy mengandung alkaloida, saponin, dan polifenol yang bisa berbahaya bgai manusia dan hewan. Daun yang tidak sengaja termakan bisa menyebabkan alergi di kulit, muntah, kejang, kesulitan bernapas, bahkan mengakibatkan koma.

Baca Juga:  Pupuk Pohon Rambutan agar Cepat Berbuah

Karena kandungan yang berbahaya bagi tanaman, daun ini juga sering digunakan sebagai bahan biopestisida.

Anda bisa mendapati tanaman hias ini dijual dalam bentuk tanaman hias daun potong, dalam pot untuk interior dan taman. Daun Hedera helix memiliki kemampuan untuk mendekomposisi benzene dan tricholoehylen.


loading...