Daun Katuk Mampu Tingkatkan Produksi Susu Sapi 100 Persen

Pertanianku — Selain bermanfaat untuk membuat air susu ibu semakin banyak, daun katuk sering digunakan oleh para peternak untuk memacu produksi susu sapi. Bahkan, dengan menggunakan daun katuk, produksi susu sapi bisa meningkat sebanyak 100 persen.

produksi susu sapi
foto: pixabay

Pada satu kasus sapi yang belum diberikan pelet daun katuk kering, produksi susu setiap harinya sekitar 12—13 liter per ekor per hari. Setelah sapi diberikan pelet dari daun katuk kering, produksi susu sapi langsung mengalami kenaikan yang sangat drastis menjadi 25—30 liter per ekor per hari.

Pelet daun katuk dapat diberikan kepada sapi sebanyak 100 gram per ekor per hari. Pemberiannya dapat dilakukan dengan cara dicampur konsentrat. Produksi susu akan lebih optimal jika pelet diberikan saat 10 hari sebelum induk sapi perah melahirkan. Hal ini dikarenakan pada saat itu induk sapi akan mengalami pertumbuhan sel kelenjar air susu pada ambing.

Loading...

Pelet daun katuk merupakan inovasi yang diproduksi oleh Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc., AIF dan rekannya yang berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.

Biasanya, daun katuk dianggap sebagai pakan biasa oleh masyarakat, tetapi nyatanya daun ini mampu meningkatkan produksi susu hingga dua kali lipat. Khasiat pelet daun katuk pun sudah teruji secara ilmiah oleh penemunya. Penelitian dilakukan dengan melihat efek dari pemberian pelet ini untuk 16 sapi perah jenis friesian holstein yang memiliki bobot rata-rata 400 kg per ekor.

Penelitian dilakukan dengan membagi hewan menjadi empat kelompok. Kelompok pertama adalah kontrol, kelompok kedua diberikan daun katuk berdosis 100 gram per ekor, untuk kelompok ketiga diberikan pakan yang sama dengan dosis 150 gram per ekor, dan untuk kelompok yang keempat diberikan sebanyak 200 g per ekor. Pakan diberikan pada saat 10 hari sebelum sapi melahirkan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Perut Kembung pada Kambing

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan jumlah produksi susu pada kelompok kedua hingga keempat dan pada kelompok pertama tidak mengalami perubahan produksi. Kelompok ketiga yang menghasilkan penambahan produksi yang paling banyak dibandingkan dengan kelompok kedua dan keempat.

Pemberian pelet daun katuk juga dapat meningkatkan nafsu makan sapi perah dan sapi menjadi lebih sehat. Sapi juga menjadi lebih tahan dari serangan penyakit seperti mastitis.

 

Loading...
Loading...