Daun Kemuning dapat Menghaluskan Kulit


Pertanianku – Selama ini kita hanya mengetahui manfaat obat tradisional dari beberapa jenis tumbuhan seperti jahe, mengkudu, lengkuas dan kunyit. Ternyata ada bunga yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami, salah satunya adalah bunga kemuning.

Daun Kemuning dapat Menghaluskan Kulit

Bunga ini biasanya tumbuh liar di hutan, semak belukar, pagar pembatas kebun atau ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Seperti bunga kenanga dan bunga melati, bunga kemuning juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun, ranting dan akar. Kulit batang juga berkhasiat sebagai obat.

Daun dan ranting berguna untuk mengatasi radang buah zakar (orchitis), radang saluran napas (bronkitis), infeksi saluran kencing,  keputihan, datang haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, nyeri pada tukak (ulkus), sakit gigi dan menghaluskan kulit.

Akarnya berguna untuk mengobati memar akibat benturan atau terpukul, nyeri rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, bisul, ekzema dan koreng. Sementara kulit batangnya berguna untuk mengatasi sakit gigi, nyeri akibat luka terbuka di kulit atau selaput lendir (ulkus).

Untuk menghaluskan kulit, daun kemuning segar sebanyak 30 gram dicuci lalu dihaluskan sampai lembut. Tambahkan air bersih 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan tersebut lalu dilulurkan pada kulit sebelum tidur.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Jika Ingin Tanaman Hias Kaktus Tumbuh dengan Cantik
loading...
loading...