Daun Ketumbar Punya Manfaat Ajaib Ini, Lho!


Pertanianku — Mungkin Anda lebih mengenal biji ketumbarnya sebagai bumbu dapur. Padahal, daun ketumbar juga bisa dijadikan sebagai campuran masakan. Apalagi bila kita mengetahui begitu banyak kandungan nutrisi yang ada di daun ketumbar.

daun ketumbar
Foto: Google Image (Dokter Sehat)

Berikut ini beberapa khasiat dari daun ketumbar untuk kesehatan.

  1. Efektif sebagai antibiotik

Setelah dilakukan penelitian mengenai daun ketumbar, ternyata di dalamnya terdapat suatu senyawa antibiotik, dodecenal, yang telah diuji di laboratorium. Hasil penelitian tersebut cukup mengesankan dan menunjukkan bahwa kandungan antibiotik tersebut dua kali lebih efektif untuk digunakan gentamisin, obat antibiotik dalam membunuh bakteri makanan, salmonella.

  1. Antikanker

Daun ketumbar merupakan salah satu herbal yang dapat berperan sebagai antikanker. Sifat anti-oksidan daun ketumbar termasuk kandungan zat beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold sangat baik sebagai zat yang dapat membunuh penyebab kanker. Zat ini sangat ampuh menekan serta menurunkan risiko stres oksidatif pada sel-sel yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker).

  1. Memiliki sifat antimikroba

Daun ketumbar mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antimikroba, membuatnya menjadi ramuan yang sangat berguna yang dapat digunakan untuk infeksi jamur, bakteri, atau ragi dalam kondisi tubuh.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengonsumsi daun ketumbar telah terbukti positif mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Interaksi ion kalsium dan kolinergik, neurotransmitter di sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi kedua unsur pembuluh darah ini dapat mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

  1. Sangat ampuh mengatasi diare

Beberapa komponen minyak esensial yang ditemukan dalam daun ketumbar seperti Borneol dan Linalool, membantu pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan lambung. Selain itu, kedua zat ini juga efektif mengurangi diare.

Baca Juga:  Ayam Terkontaminasi, Diam-diam Jadi Pembunuh

Hal ini juga membantu dalam menyembuhkan diare yang disebabkan oleh mikroba dan jamur karena komponen seperti Cineole, Borneol, Limonene, Alpha-pinene & beta-phelandrene memiliki efek antibakteri.

Daun ketumbar juga dapat digunakan untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan perut lainnya. Kekayaan senyawa bioaktif memiliki makna bahwa ada banyak kandungan kesehatan yang dapat dimanfaatkan dari daun ketumbar.

  1. Menurunkan kolesterol

Terdapat banyak zat asam yang ada di daun ketumbar di antaranya asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearate, dan asam askorbat (vitamin C) sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Zat-zat tersebut juga mengurangi tingkat kolesterol (LDL) sepanjang dinding bagian dalam arteri dan vena, yang dapat menyebabkan masalah serius kardiovaskular seperti artherosclerosis, serangan jantung, dan stroke. Lebih penting lagi, ketumbar membantu meningkatkan kadar kolesterol yang sehat (HDL), yang bekerja sebagai garis pertahanan pencegahan terhadap sejumlah kondisi kardiovaskular yang berbahaya.

  1. Baik untuk diabetes

Daun ketumbar memiliki efek merangsang kelenjar endokrin, sekresi insulin meningkat dari pankreas yang kemudian meningkatkan insulin dalam darah. Proses ini mengatur asimilasi yang tepat dan penyerapan gula dalam darah.

Proses ini sangat bermanfaat bagi pasien yang menderita diabetes dan kondisi terkait lainnya, dalam rangka untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, juga dapat memastikan fungsi metabolisme tubuh lainnya.