Daun Pepaya, Antibiotik Alami Ikan Bawal

    Pertanianku Ikan bawal adalah ikan air tawar dan termasuk ikan introduksi dari Amerika Latin. Ikan ini dinamakan bawal karena secara morfologi tubuhnya menyerupai ikan bawal air laut. Bawal air tawar cenderung lebih cepat tumbuh dibanding bawal laut.

    ikan bawal
    foto: pertanianku

    Tubuh bawal tawar berbentuk agak memanjang dengan punggung yang lebih tinggi. Matanya bulat, agak besar dan terang dengan bibir yang tebal di bagian bawah mulut. Mulut bawal dilengkapi oleh gigi-gigi yang besar dan tajam.

    Ikan bawal merupakan ikan air tawar yang paling sering dibudidayakan. Budidaya dimulai dari masa pendederan terlebih dahulu. Ada sebagian pembudidaya yang langsung melakukan pembesaran.

    Loading...

    Pembesaran yang dilakukan dengan masa pendederan terlebih dahulu biasanya lebih menguntungkan karena selama proses budidaya secara tidak langsung telah dilakukan grading atau pengelompokan berdasarkan ukuran tubuh ikan.

    Banyak cara untuk menghasilkan ikan bawal yang sehat dan berbobot, seperti melakukan tebar benih yang tepat agar benih dapat tumbuh dengan optimal. Benih yang diangkut dan akan menempuh jarak jauh sebaiknya diberokkan terlebih dahulu. Sebelum dimasukkan ke kolam benih harus diaklimatisasi terlebih dahulu agar tidak stres karena perubahan kondisi lingkungan dan lakukan penebaran benih pada pagi atau sore hari.

    Usaha kedua untuk mendapatkan bobot bawal yang diinginkan, dilakukan dengan menjaga kesehatan bawal. Untuk menjaga kesehatan ikan bawal selama proses pemeliharaan, Anda dapat memberikan daun pepaya atau daun ketapang. Daun pepaya dapat mengurangi risiko serangan penyakit pada bawal tawar. Selain menjadi antibiotik alami, daun pepaya juga berguna meningkatkan nafsu makan ikan agar pertumbuhan berjalan lebih cepat.

    Ketika masih larva, bawal tawar biasanya memakan plankton nabati atau plankton hewani. Setelah dewasa, bawal baru dapat memakan berbagai macam organisme hewani ataupun nabati seperti daun pepaya dan daun ketapang.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Faktor penting yang harus tersedia di dalam pakan bawal adalah kandungan protein sebesar 30—40 persen. Pakan yang diberikan harus mendekati kandungan komposisi bahan-bahan di dalam tubuhnya. Namun, dalam pemberian pakan harus menyesuaikan juga dengan kondisi biologis dari ikan.

    Selain itu, Anda juga perlu untuk memelihara seluruh aspek kehidupan ikan, seperti kualitas kolam yang merupakan wadah tempat ikan bawal hidup.

    Loading...
    Loading...