Daun Pepaya untuk Mengatasi Itik Tidak Nafsu Makan

Pertanianku — Salah satu hambatan yang kemungkinan Anda hadapi saat beternak itik adalah itik tidak nafsu makan. Penurunan nafsu makan bisa disebabkan oleh banyak faktor, mayoritas karena sistem manajemen yang kurang tepat sehingga membuat itik stres. Pemberian pakan yang berubah-ubah dapat membuat itik stres karena itik termasuk hewan yang sangat peka terhadap perubahan jadwal pemberian pakan.

itik tidak nafsu makan
foto: Pixabay

Selain waktu, itik juga peka terhadap bahan pakan yang digunakan. Oleh karena itu, perubahan pakan tidak boleh dilakukan secara mendadak, perubahan harus dilakukan secara bertahap. Misalnya, pada minggu pertama pakan yang lama masih digunakan sebanyak 75 persen dan 25 persen sisanya dipenuhi dari pakan baru. Porsi pakan lama akan terus berkurang seiring berjalannya waktu dan porsi pakan baru terus bertambah.

Stres juga bisa disebabkan oleh adanya pergantian pekerja. Pasalnya, tiap pekerja dapat melakukan perlakuan yang berbeda-beda. Terkadang, peternak mengakali pergantian pekerja dengan menggunakan pakaian yang sama ketika ingin memberikan pakan. Biasanya, itik menyukai warna cokelat sehingga pakaian yang digunakan berwarna cokelat agar itik merasa lebih nyaman.

Stres juga bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan yang terlalu bising, proses distribusi, pindah kandang, serta itik kurang bebas untuk bermain di dekat air.

Saat stres, itik menjadi tidak nafsu makan, lemak, lesu, dan mengalami diare. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan produksi telur sebanyak 10 persen. Jika stres sudah berat, penurunan produksi dapat mencapai 30 persen.

Langkah pertama untuk mengatasi itik yang tidak nafsu makan adalah memperbaiki penyebab stres. Setelah itu, itik dapat diberikan ramuan herbal yang terbuat dari daun pepaya.

Peternak di Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur, kerap membuat ramuan dari daun pepaya untuk mengatasi itik yang mogok makan. Ramuan tersebut dibuat dengan cara mencampur air rebusan daun pepaya dengan air minum. Setelah itik mau makan, pakan diberikan campuran cacahan daun pepaya. Cara ini terbukti ampuh mengatasi itik yang mogok makan. Biasanya, dalam kurun waktu dua hari itik sudah kembali makan dengan normal.

Baca Juga:  Cara Mengatur Pola Produksi Ayam Petelur agar Berkelanjutan