Daun Salam Atasi Diabetes Hingga Tekanan Darah Tinggi


Pertanianku — Manfaat daun salam sudah dikenal dari zaman dulu, yaitu sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Sementara, manfaat bagi kesehatan juga sudah banyak dibuktikan melalui penelitian resmi ataupun independen.

daun salam
Pertanianku

Kandungan zat gizi dan zat non-gizi yang disebut fitonutrien merupakan kontributor utama khasiat daun salam untuk obat diabetes, kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, masih ada khasiat lain dari daun rempah yang satu ini. Untuk mengetahuinya, simak ulasan tentang khasiat daun salam dan cara penggunaannya berikut ini.

Membuat gigi putih bersih

Pasta gigi tradisional yang terbuat dari bahan herbal terbukti mampu memutihkan gigi kuning secara alami dan aman. Cara menggunakan daun salam sebagai pembersih gigi, yaitu jemur daun salam dan kulit jeruk sampai kering. Kemudian tumbuk hingga halus dan campur dengan air bersih. Aduk rata hingga berbentuk pasta seperti odol.

Menurunkan kolesterol dan diabetes

Sediakan 10—15 lembar daun yang masih segar, cuci bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Setelah dingin, saring air rebusan daun salam tersebut dan minum pada malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol ataupun diabetes cepat sembuh.

Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih, ramuan diet dari daun salam bisa Anda coba. Caranya, cuci 20—30 lembar daun kemudian rebus dengan 4 gelas air. Rebus hingga tersisa dua gelas, kemudian angkat dan tunggu hingga dingin. Minum 2 kali sehari pagi dan malam masing-masing satu gelas agar berat badan turun secara alami.

Mengobati kencing manis

Daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kencing manis. Caranya, rebus 7—15 daun dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari.

Baca Juga:  Cara Menanam Kemangi Secara Hidroponik

Menurunkan tekanan darah

Sediakan 7—10 lembar daun yang masih segar, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum rebusan daun salam sehari dua kali masing-masing setengah gelas.

loading...
loading...