Daun Singkong Bisa Tingkatkan Daya Ingat, Bagaimana Bisa?


Pertanianku — Sudah tahukah Anda? Umbi dan daun singkong ternyata memiliki banyak manfaat. Tanaman singkong atau yang dikenal juga sebagai ketela pohon ini termasuk dalam umbi-umbian yang dikenal banyak tumbuh di Indonesia.

daun singkong
Shutterstock

Dengan sistem tanam yang mudah, hanya dengan setek, tanaman ini dapat tumbuh dan menghasilkan umbi yang memiliki nutrisi cukup baik bagi tubuh. Singkong mengandung karbohidrat yang cukup besar dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan alternatif selain nasi.

Selain bagian umbinya, singkong juga memiliki daun yang sangat bernutrisi serta bermanfaat untuk dikonsumsi. Daun singkong menyimpan protein yang cukup banyak. Selain itu, terdapat pula kandungan asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tahukah Anda? Ternyata kandungan asam amino yang dimiliki oleh daun singkong ini justru dapat memberikan keuntungan besar bagi Anda. Di antaranya membantu memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik.

Di samping itu, banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi daun singkong. Beberapa penyakit seperti rematik, diare, disentri, cacingan, dan masih banyak penyakit lainnya bisa disembuhkan dengan konsumsi rutin dari daun singkong.

Singkong juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar berbagai jenis sajian nikmat nan menggoda. Salah satunya, yaitu keripik singkong, camilan yang digemari dan booming di kalangan anak muda dengan keripik pedas berlevel.

Jenis sajian dengan menggunakan daun singkong banyak juga dan bisa Anda temukan variasi olahannya. Misalnya, urap daun singkong, tumis daun singkong, hingga penggunaan paling sederhana khas Indonesia, yaitu lalapan.

Meski demikian, rasa pahit yang seringkali muncul dari sajian daun singkong membuat sebagian besar orang menjadi enggan untuk mengonsumsinya. Namun, jika Anda melihat dari segi kandungannya yang sangat bermanfat, ada baiknya jika sesekali Anda mencoba sajian ini.

Baca Juga:  Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker
loading...
loading...