Daun Sirsak untuk Lawan Kanker Tiroid


Pertanianku — Probosutedjo dikabarkan meninggal dunia karena mengidap berbagai penyakit termasuk salah satunya kanker tiroid. Penyakit ganas tersebut sejatinya bisa dihindari, yakni dengan mengatur pola makan dan menjalani pola hidup sehat. Ada pula herbal yang bisa dijadikan solusi, yakni daun sirsak.

daun sirsak
Foto: Google Image

Sebelum membahas khasiat sirsak untuk melawan kanker tiroid, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahuu apa itu kanker tiroid. Kanker tiroid terjadi akibat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali pada kelenjar tiroid. Hal ini dapat terjadi secara primer (penyebab utama) atau sekunder (akibat penyebaran atau metastasis).

Tiroid adalah sepasang kelenjar yang terletak di belakang jakun atau kartilago tiroid, atau di sisi tenggorokan. Tiroid berperan penting dalam produksi dan pengaturan hormon, serta pengaturan fungsi metabolisme. Selain itu, kelenjar ini mengeluarkan tiga hormon; T3 (triiodothyronine) dan T4 (tiroksin) yang mengendalikan metabolisme, serta kalsitonin yang mengatur kadar kalsium dalam darah.

Kanker tiroid biasanya memengaruhi sel-sel yang membuat dan mengelola hormon tersebut. Termasuk dalam sel ini, yaitu sel folikel (untuk T3 dan T4), sel-sel parafolikular (kalsitonin), stroma (jaringan pendukung), dan sel-sel kekebalan.

Cara mengobati kanker tiroid dengan daun sirsak

Daun sirsak termasuk obat tradisional yang mampu melawan kanker tiroid karena mengandung senyawa dan nutrisi yang cukup komplit. Beberapa kandungan tersebut, yakni asam amino, acetogenins, vitamin c, zat besi, riboflavin, fosfor, tiamin, kalsium, karbohidrat, niacin, serat dan masih banyak lagi.

Daun sirsak juga sudah banyak dipakai oleh para ahli kesehatan dalam mencegah kanker tiroid. Berikut ini langkah-langkah membuat ramuan dari daun sirsak untuk mengobati kanker tiroid.

  • Ambilah 4—5 lembar daun sirsak.
  • Cuci daun sirsak hingga bersih.
  • Sediakan 400 ml air bersih.
  • Rebus daun sirsak hingga mendidih.
  • Tunggulah sampai air berubah warna.
  • Saring dan bisa langsung dikonsumsi 2 kali sehari.
Baca Juga:  Minyak Serai Multifaedah Diburu Pasar

Itulah cara mengobati kanker tiroid dengan daun sirsak. Kunci utama dari sembuhnya penyakit tersebut ialah konsumsi ramuan herbal secara rutin dan teratur, serta disiplin menjaga makanan yang dapat memperparah penyakit kanker tiroid.

loading...
loading...