Daun Teh Mampu Cegah Rambut Beruban

Pertanianku — Apakah benar rambut yang berubah warna menjadi abu-abu adalah tanda penuaan? Ternyata, tidak sepenuhnya benar, banyak faktor yang menyebabkan rambut Anda berubah warna atau beruban. Untuk mencegah rambut beruban pun mudah. Cukup gunakan ramuan daun teh.

rambut beruban
foto: pixabay

Uban yang terjadi pada orang yang sudah lanjut usia biasanya disebabkan oleh berkurangnya melanin, yaitu sel pigmen sehingga rambut yang baru tumbuh memiliki warna yang lebih terang. Ketika folikel kehilangan pigmen yang bertugas untuk memberi warna pada rambut, rambut akan menjadi tidak berwarna.

Namun, faktor rambut menjadi uban bukan hanya usia, melainkan ada beberapa faktor lainnya seperti merokok, keturunan genetik, kekurangan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, stres oksidatif, kondisi medis tertentu, stres di kehidupan nyata, dan pewarna rambut kimia.

Loading...

Rambut yang berubah warnanya bisa saja kekurangan vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E. Kekurangan gizi vitamin ternyata mampu memengaruhi pigmentasi pada rambut sehingga rambut kehilangan pigmen warna hitam.

Stres oksidatif yang dialami oleh seseorang menyebabkan ketidakseimbangan anti-oksidan sehingga tubuh tidak mampu menahan radikal bebas. Rambut putih yang tumbuh pada seseorang yang sedang dalam perawatan medis juga disebabkan oleh kondisi autoimun yang rendah sehingga rambut yang tumbuh menjadi putih karena kekurangan melanin. Jika uban terjadi karena pengobatan dari medis, ada baiknya Anda konsultasikan dengan ahli medis.

Daun teh hijau memiliki senyawa berkhasiat untuk mengontrol produksi minyak di kepala dan menyeimbangkan tingkat pH. Kondisi kadar minyak dan pH yang seimbang diyakini bisa mengurangi kemungkinan terjadinya uban.

Pembuatan ramuan daun teh untuk mencegah rambut rontok sangat mudah untuk Anda lakukan. Bahan yang dibutuhkan hanyalah daun teh sebanyak 2 sendok makan dan air mendidih sebanyak 1 gelas. Cara membuatnya adalah seduh teh dengan air mendidih pada pagi hari, lalu biarkan semalaman.

Baca Juga:  Mengenal Pupuk Guano dan Pupuk Mineral Bahan Alam

Ramuan dapat digunakan pada keesokan hainya dengan membasahi ramuan ke rambut setiap pagi selama beberapa waktu. Cara pengaplikasiannya adalah dengan memijat ramuan tersebut di seluruh kulit kepala agar kandungan di dalam ramuan tersebut dapat menyerap secara optimal.

Selain mengontrol produksi minyak dan pH, kandungan teh yang telah dibiarkan selama satu hari memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, dan polifenol. Kandungan-kandungan tersebut bisa membantu untuk memperoleh rambut yang sehat serta mencegah uban makin bertambah banyak.

Loading...
Loading...