Daur Ulang Sampah Dapur, Siapa Takut?

    Pertanianku — Saat Anda mengolah makanan, tentu ada bagian yang harus dibuang. Bagian ini menjadi sampah basah atau sering kali dikenal dengan sampah dapur. Jumlahnya memang tidak sebanyak sampah lainnya. Namun, tidak ada salahnya bila mulai melakukan daur ulang sampah dapur dengan beberapa cara berikut.

    daur ulang sampah dapur
    Foto: pixabay

    Jadikan kompos

    Sampah dapur sebagian besar berasal dari bagian tumbuhan. Mulai dari kulit bawang yang tidak dikonsumsi, tangkai cabai, bonggol jagung, hingga bagian lainnya. Oleh karena itu, bahan-bahan ini termasuk sampah organik yang bisa diurai oleh alam.

    Loading...

    Salah satu cara mudah mengolahnya adalah dengan melakukan daur ulang sampah dapur menjadi pupuk kompos. Di beberapa negara maju, ada wilayah yang khusus mengolah sampah menjadi kompos. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

    Pakan hewan

    Cara ini juga bisa menjadi alternatif daur ulang sampah dapur supaya tetap bermanfaat. Beberapa hewan tidak membutuhkan pakan yang masih segar untuk bertahan hidup. Meskipun demikian, untuk menjamin tumbuh kembang hewan tetap optimal, pakan segar harus diberikan secara berkala.

    Anda bisa memberikan sampah dapur kepada peternak lokal ataupun peliharaan sendiri. Hewan yang dimaksud bisa berupa ikan, ayam, ataupun hewan ternak lainnya.

    Tanam kembali

    Beberapa jenis sampah dapur masih bisa digunakan lagi. Anda bisa melakukan penanaman kembali sembari mengurangi jumlah sampah dapur. Misalnya, bagian bawah daun bawang bisa ditanam lagi untuk menghasilkan tanaman baru. Begitu pula dengan biji cabai.

    Sisihkan kemasan makanan

    Kemasan makanan umumnya terbuat dari plastik. Sering kali, kita langsung membuang kemasan ini begitu saja. Untuk mengurangi sampah dapur, bisa dilakukan dengan menyisihkan kemasan makanan ini.

    Gunakan kembali kemasan makanan agar tidak langsung dibuang. Anda bisa menggunakan plastik bekas untuk wadah sampah yang baru. Anda juga bisa menggunakan wadah bekas makanan sebagai wadah penyimpanan beberapa barang setelah dicuci bersih. Dengan demikian, sampah pun tidak akan terbuang sia-sia dan menjadi pencemar lingkungan.

    Baca Juga:  Banting Setir Jadi Petani Buah, Sarjana Keuangan Menjadi Miliarder

    Beberapa cara tersebut bisa Anda lakukan dengan sangat mudah di rumah. Bila Anda tertarik untuk mengolah lebih lanjut, Anda bahkan bisa membuat biogas dari sampah dapur untuk digunakan sebagai bahan bakar. Mari tetap lestarikan lingkungan dengan hal-hal sederhana dan dari diri sendiri.

    Loading...
    Loading...