Daya Tarik Galaxy Rasbora Ikan Hias Mini Asal Myanmar

Pertanianku – Ikan Hias galaxy rasbora adalah ikan hias yang berasal dari Myanman. Ikan ini memiliki nama ilmiah Danio margaritatus. Galaxy rasbora atau Celestrial Pearl Danio, tergolong ikan hias yang berbentuk mini. Ukuran ikan hias ini pada umumnya berukuran kecil sekitar 1,5–2 cm panjang tubuhnya dan berasal dari Danau Ine di Myanmar. Bentuk tubuh dan tingkah laku ikan galaxy rasbora ini sangat menyerupai ikan danio jenis lainnya.

Daya Tarik Galaxy Rasbora Ikan Hias Mini Asal Myanmar

 

Loading...

Ikan ini termasuk ikan jenis omnivore yang gemar memangsa invertebrate yang berukuran kecil seperti, zooplankton dan alga. Jika dipelihara di dalam akuarium, ikan ini sebaiknya diberi pakan seperti artemia, daphnia atau makanan kering. Pakan hidup juga diperlukan oleh ikan galaxy rasbora agar ikan ini mampu melakukan reproduksinya secara optimal dan menghasilkan benih dengan kualitas baik.

Ikan hias ini lebih menyukai tempat yang berarus dan memiliki banyak tumbuhan air. Mereka mampu bertahan hidup pada temperature suhu sekitar 20–26 °C dan kadar pH 6,5–7,5. Secara alami, ikan ini hidup di dalam kolam kecil dangkal yang memiliki temperatur hangat. Selain ukuran tubuhnya yang mini, galaxy rasbora memiliki tubuh yang berwarna cerah. Ikan jantan dan betina dapat dibedakan dari warna tubuhnya karena hewan ini memiliki dimorfisme seksual atau perbedaan sistematik luar diantara individu makhluk hidup secara jenis kelamin berbeda.

Ikan galaxy rasbora jantan memiliki ciri khas biru cerah pada tubuhnya, sedangkan ikan betina memiliki warna lebih ke pucat kebiruan. Ukuran tubuh ikan jantan lebih besar dibanding ikan betina. Di seluruh bagian tubuhnya, terdapat banyak bintik-bintik berupa titik menyerupai mutiara berukuran kecil, sirip ikan ini berwarna strip hitam-merah. Sedangkan pada betina, perutnya memiliki warna kekuningan, dan sirip berwarna oranye muda atau merah muda.

Loading...
Loading...