Delapan Tips Menanam Mawar


PERTANIANKU – Anda menyukai bunga mawar? Atau sering membeli setangkai mawar untuk pasangan? Jika iya, cobalah menanam sendiri bunga cinta nan cantik tersebut. Prosesnya sangat mudah. Anda dijamin bisa menanam mawar dengan baik asalkan tahu cara dan tipsnya. Berikut delapan tips menanam mawar agar sang bunga dapat tumbuh mekar berseri.

Bunga Ini Ternyata Berkhasiat

Tips pertama: stek di waktu yang tepat
Lakukan stek mawar di awal musim panas. Saat itu, mawar mengalami kesuburan yang sempurna. Mawar yang distek di waktu tersebut, biasanya akan menghasilkan bunga yang indah.

Tips kedua: sirami di pagi hari
Tips menanam mawar berikutnya yakni mengenai penyiraman. Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman mawar bukanlah sore hari, melainkan pagi hari. Dengan menyiram tanaman di pagi hari, air berlebih pada daun dan kelopak bunga dapat menguap saat terkena panas mentari.

Tips ketiga: rajin pangkas
Pangkaslah cabang tanaman secara rutin. Pemangkasan ini berguna untuk memberi sirkulasi udara pada tanaman mawar. Selain itu, pemangkasan secara rutin juga dapat menghindari penyakit dan hama tanaman.

Tips keempat: gunakan gunting tajam
Tips keempat ini masih berkaitan dengan tips ketiga, yaitu pemangkasan. Saat memangkas tanaman mawar, gunakanlah gunting. Pastikan gunting yang digunakan masih bermata tajam.

Tips kelima: tanam bawang
Untuk melindungi tanaman mawar dari hama, tanamlah bawang di dekatnya, terutama bawang putih. Tumbuhnya bawang putih di kebun mawar akan membuat hama enggan mendekat.

Tips keenam: usir jamur
Tanaman mawar sangat rentan terhadap jamur. Oleh karena itu, saat repotting mawar, gunakanlah cinnamon atau kayu manis sebagai fungisida. Niscaya jamur tak akan mengganggu tanaman mawar kita.

Tips ketujuh: pilih yang harum
Tahukah Anda bahwa tidak semua mawar memiliki aroma harum? Agar tak kecewa, pastikan dulu bahwa mawar yang Anda tanam merupakan mawar yang wangi semerbak.

Baca Juga:  Albuca Spiralis, Tanaman Unik Punya Aroma Menenangkan

Tips kedelapan: beri pupuk organik
Beri pupuk organik pada tanaman mawar. Jangan gunakan pupuk sintetis karena dapat meningkatkan kadar garam pada tanah.

Demikian delapan tips menanam yang mudah diterapkan. Jika berhasil, cobalah memberi yang terkasih semekar bunga mawar bersama potnya. Dengannya, tanaman mawar akan terus hidup dan dirawat. Selamat menanam. (AF)

loading...
loading...