Demi Tingkatkan Produksi, Petani Dihimbau Gunakan Hasil Teknologi Balitbangtan


Pertanianku – Guna meningkatkan produksi pada sektor pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Perrtanian (Balitbangtan) menghadirkan teknologi Jajar Legowo Super. Jajar Legowo Super adalah implementasi teknologi budidaya padi hasil inovasi Balitbangtan berbasis cara tanam jajar legowo. Meliputi varietas unggul baru (VUB) berpotensi tinggi, decomposer sebelum pengolahan tanah, pupuk hayati, yakni pemupukan berimbang berdasarkan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS), Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) menggunakan pestisida nabati dan pestisida anorganik berdasarkan ambang kendali serta alsintan khusus untuk transplanter dan combine harvester.

Demi Tingkatkan Produksi, Petani Dihimbau Gunakan Hasil Teknologi Balitbangtan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron mengatakan sebagaimana dikutip Jitunews (8/4), “Bahwa selama ini hampir di semua daerah di Indonesia kurang menggunakan produk hasil Balitbang, padahal produknya pun lebih murah dengan kualitas yang cukup bagus.”

Herman meminta agar Balitbang lebih banyak lagi menghasilkan benih dan teknologi berproduksi tinggi serta berbagai upaya untuk peningkatan kesejahteraan petani. “Ini perlu didorong agar dapat diterapkan di berbagai daerah,” ungkap Herman.

“Ini yang perlu dipikirkan, sebab, apa gunanya meningkatkan produksi jika petani tetap miskin,” ujar Herman. Terkait dengan harga beras petani, Herman meminta pemerintah untuk secepatnya memformulasikan harga pembelian pemerintah akan gabah, karena berkaitan dengan kesejahteraan petani.

Baca Juga:  AS Punya Apel Hasil Rekayasa Genetik
loading...
loading...