Deretan Manfaat Biji Nangka yang Masih Jarang Diketahui

Pertanianku — Orang-orang lebih senang mengonsumsi daging buah nangka yang manis dan harum. Sementara itu, bijinya lebih sering dibuang, meski ada beberapa orang yang kerap mengonsumsinya sebagai camilan. Biasanya, biji nangka direbus agar lebih mudah dimakan secara langsung atau dicocol dengan gula.

biji nangka
foto: Pixabay

Buah nangka terkenal mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti zat besi, magnesium, tembaga, kalium, gula sederhana (fruktosa dan glukosa), vitamin A, serta fitonutrien seperti lignin, isoflavone, dan soponin yang dapat bekerja sebagai antikanker.

Selain buah nangka, ternyata biji nangka juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Oleh karena itu, biji buah ini tidak hanya untuk camilan, tetapi juga bisa berkhasiat menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini deretan manfaat biji nangka yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Memelihara kesehatan mata

Biji buah nangka mirip dengan daging buahnya yang mengandung vitamin A. Kandungan tersebut baik untuk mencegah penyakit mata seperti rabun senja hingga katarak.

Mencegah kanker

Di dalam biji buah berwarna kuning ini juga terkandung senyawa seperti antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker, termasuk menurunkan risiko kanker payudara.

Mengurangi risiko diare

Ekstrak biji nangka memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Strepcoccus aereus yang menjadi penyebab diare. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam biji buah yang harum ini dapat memperlancar sistem pencernaan.

Membantu menurunkan berat badan

Biji nangka dapat dikonsumsi oleh seseorang yang tengah menjalani program penurunan berat badan karena kandungan di dalam biji buah ini mampu meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid. Biji buah yang harum ini juga bermanfaat mengurangi risiko obesitas.

Mengontrol diabetes

Di dalam biji mengandung antidiabetik yang dapat membantu tubuh menurunkan kadar gula di dalam darah secara signifikan.

Baca Juga:  Champion Cabai Beberkan Pola Tanam Cabai sebagai Kunci Keberhasilan Budidaya

Mengatasi anemia

Kandungan zat besi bermanfaat untuk melawan gejala anemia yang membuat tubuh lemas. Zat besi juga dapat membantu tubuh memelihara sirkulasi darah agar tetap berjalan baik.