Deretan Tanaman Obat untuk Mengatasi Permasalahan Ketombe

Pertanianku Ketombe telah menjadi permasalahan yang cukup menyebalkan dan dapat datang kapan saja. Permasalahan ini bisa melanda wanita ataupun pria. Ketombe merupakan kondisi kulit yang bersifat kronik yang ditemukan di skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala berwarna putih keabu-abuan atau terkadang berwarna kekuningan.

ketombe
Foto: Pixabay

Sebenarnya, ketombe bukan permasalahan yang penting. Akan tetapi, kehadirannya dapat menimbulkan dampak yang kurang baik, seperti rasa gatal, bau, dan menyebabkan penampilan rambut menjadi kurang bagus. Itu sebabnya ketombe harus diatasi. Tanaman obat dapat menjadi pilihan untuk mengatasi permasalahan di kulit kepala.

Berikut ini beberapa tanaman obat yang dapat melawan ketombe.

Tanaman kecubung

Anda bisa menggunakan 2–3 lembar daun kecubung segar yang sudah dicuci hingga halus kemudian ditumbuk. Tumbukan daun kecubung dapat digunakan sebagai obat luar dengan cara digosokkan pada kulit kepala.

Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat ketombe dengan cara dipotong menjadi 2–4 bagian, kemudian gosokkan potongan jeruk ke kulit kepala secara merata. Setelah itu, diamkan selama beberapa lama kemudian bilas hingga bersih.

Apabila Anda punya nanas, Anda bisa mencampurkan ¼ buah nanas yang sudah masak dengan 1 buah jeruk nipis. Pertama, parut buah nanas, kemudian peras hasil parutan dan saring. Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan sebanyak 2–3 kali seminggu saat sebelum tidur.

Mengkudu

Anda dapat mengandalkan 3 buah mengkudu masak untuk membasmi ketombe. Caranya, cuci buah, lalu parut. Tambahkan sedikit air, lalu aduk hingga merata sampai adonan menyerupai bubur. Oleskan ramuan pada kulit kepala secara merata, kemudian diamkan selama ½ jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan sebanyak 3 kali seminggu hingga ketombe menghilang.

Baca Juga:  Khasiat Tanaman Gandapura sebagai Tanaman Obat

Daun salam

Permasalahan kulit kepala ini juga bisa diatasi dengan daun salam. Siapkan 10–15 gram daun salam, kemudian cuci dan rebus dengan 3 gelas air. Biarkan air rebusan hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu, angkat dan dinginkan, lalu saring. Lakukan pengobatan setiap hari hingga sembuh.