Derita Aneurisma dan Katup Aorta, Bondan Winarno Meninggal Dunia


PertaniankuBondan Winarno meninggal dunia hari ini, (Rabu/11) pada pukul 09.05 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Presenter kuliner yang terkenal dengan ujaran ciri khasnya “Maknyous” ini mengembuskan napas terakhirnya di usia 67 tahun.

bondan winarno meninggal
Twitter.com

Kabar itu pertama kali disampaikan oleh salah seorang rekannya yang juga pembawa acara kuliner, yaitu Arie Parikesit. Ia membenarkan hal tersebut melalui sebuah kicauan di akun Twitter miliknya.

“Mendapat berita duka cita yang bikin lemes mendadak, guru dan teman kita semua Pak Bondan Haryo Winarno meninggal dunia tadi pagi jam 9.05 WIB di RS Harapan Kita Jakarta, jenazah akan dibawa ke rumah duka JL Bangsawan Raya Sentul City siang ini. Mohon doa untuk beliau dan keluarga,” tulis @arieparikesit.

Kabar meninggalnya Bondan juga dikuatkan dengan konfirmasi salah satu rekannya, Sisca Soewitomo. Ia mengaku, tahu kabar tersebut dari teman-temannya sesama koki.

“Iya saya sudah dengar, semoga Pak Bondan dapat tempat di sisi Allah,” Tutur dia.

Bondan dikenal sebagai sosok penyantap segala makanan tanpa takut terserang penyakit. Hal itu karena dia memiliki pola bahwa dalam satu minggu ia akan berpuasa selama satu hari untuk proses detoksifikasi.

Namun belakangan sebelum meninggal dunia, Bondan Winarno diketahui cukup aktif di Twitter. Melalui cuitannya, mantan wartawan senior itu sempat bicara soal penyakit yang tengah menggerogoti tubuhnya.

Salah satunya terdapat pada cuitan Oktober 2017 lalu. Sambil mengunggah foto bersama seorang dokter, pengusaha di bidang kuliner itu mengungkapkan diagnosis penyakit yang dideritanya.

“Tks Dr. dr. Iwan Dakota, SpJP, RS Harapan Kita, yg dgn stetoskopnya mendiagnosa bhw saya tak hanya menderita aneurisma, tp juga katup aorta,” tulis Bondan.

Baca Juga:  Pernyataan LIPI Soal Bahaya Kertas Nasi

Aneurisma adalah pelebaran abnormal pada pembuluh nadi karena kondisi dinding pembuluh darah yang lemah. Sementara katup aorta merupakan kondisi kelainan katub jantung.

Sebelum dikenal sebagai presenter kuliner, Bondan mengawali kariernya sebagai seorang penulis dan wartawan Indonesia dengan berbagai kebisaan. Dia memelopori dan menjadi ketua Jalansutra, suatu komunitas wisata boga yang cukup terkenal di Indonesia.

Setelah itu barulah dia menjadi presenter dalam acara kuliner di sebuah stasiun TV swasta, yaitu Wisata Kuliner. Acara tersebut yang kemudian membuat Bondan terkenal dengan ungkapannya yaitu “Pokoe maknyus!”.

loading...
loading...