Desain Kandang yang Ideal untuk Ternak Sapi

Pertanianku — Desain kandang sapi harus disesuaikan dengan agroklimat setempat. Di daerah dingin, kandang dibuat sedikit lebih tertutup untuk melindungi ternak dari udara dingin. Sementara itu, di daerah panas, kandang dibuat lebih terbuka agar tidak pengap. Desain kandang juga perlu disesuaikan dengan umur dan pola pemeliharaan yang Anda gunakan. Berikut ini desain kandang ideal untuk sapi.

kandang sapi
foto: pertanianku

Rangka dan dinding

Bahan yang digunakan untuk membuat rangka dan dinding perlu disesuaikan dengan anggaran. Bahan sederhana yang tidak terlalu mahal adalah bambu atau kayu, sedangkan bahan yang mahal dan awet adalah besi beton.

Idealnya, tinggi dinding kandang sekitar 0,5–1 meter dari permukaan lantai. Dinding kandang perlu diberi sekat atau pagar yang lebih tinggi dari bahu sapi saat berdiri. Pagar tersebut bertujuan menghindari sapi lepas dari kandang, tetapi tidak menyulitkan pemberian pakan dan pengontrolan kondisi ternak.

Atap

Di daerah dataran rendah dengan suhu yang lebih tinggi, konstruksi atap diusahakan lebih tinggi agar sirkulasi udara lebih lancar. Ketinggian ideal atap kandang di dataran rendah sekitar 3,5–4,5 m. Sementara itu, di dataran tinggi, atap didesain lebih rendah untuk membuat kandang lebih hangat. Bahan yang digunakan untuk membuat kandang adalah rumbai, genting, asbes, atau seng.

Lantai dan saluran pembuangan

Lantai kandang perlu didesain miring dengan sudut sekitar 5–15°C ke arah saluran pembuangan. Kemiringan ini dapat memudahkan proses pembersihan kandang dan pemandian sapi. Lantai kandang bisa berupa tanah. Anda juga bisa menggunakan kayu atau semen asal tidak licin dan tidak kasar. Lantai yang terbuat dari semen dapat memudahkan pekerja untuk membersihkan kandang dan tidak melukai kaki ternak.

Selokan tempat pembuangan kotoran dibuat selebar 20–30 cm dengan kedalaman 10–20 cm. Selokan dibangun di belakang kandang.

Baca Juga:  Fermentasi Jerami, Pakan Ternak untuk Segala Musim

Tempat pakan dan minum

Tempat pakan dan minum berbentuk seperti palungan atau semacam bak memanjang dan bersekat. Biasanya, palungan terbuat dari bambu, kayu, atau semen. Palungan dibuat melekat dengan bagian depan kandang, posisinya harus sedikit lebih rendah daripada mulut sapi.

Palungan dibuat selebar 50 cm, panjang 150 cm, dan kedalaman 40 cm. Panjang palungan di kandang kelompok bisa disesuaikan dengan panjang kandang.

Pengangkut pakan

Lorong antarkandang diusahakan cukup lebar sebagai jalan gerobak atau pengangkut pakan mendistribusikan pakan.