Diet dengan Labu Siam Jadikan Berat Badan Ideal


Pertanianku Diet dengan labu siam bisa Anda coba untuk mendapatkan berat badan ideal. Labu siam dikenal sebagai sayuran yang sangat lezat dan memiliki banyak kandungan gizi untuk tubuh.

diet dengan labu siam
Pertanianku

Jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga cucurbitaceae dan satu jenis dengan mentimun ini bisa tumbuh subur di dataran tinggi dengan cara merambat pada batang. Meski termasuk jenis sayur murah, labu siam ini memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh. Misalnya, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfat, folat, seng, tembaga, tinggi serat, rendah kalori, dan zat besi yang tinggi.

Tanaman ini tentu sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Berikut informasi selengkapnya tentang diet dengan labu siam.

  1. Tidak mengandung kalori

Labu siam memang sangat direkomendasikan untuk masuk ke daftar menu diet karena mengandung 16 kalori dalam tiap 100 gramnya. Selain itu, sayuran berbentuk buah ini juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh serta kolesterol. Sementara itu, kandungan serat tinggi di dalamnya sangat baik untuk membuat kinerja pencernaan semakin lancar.

  1. Dijadikan sebagai pengganti nasi

Karbohidrat tinggi yang ada pada labu siam bisa digunakan sebagai pengganti nasi saat pagi dan malam hari. Kandungan air yang cukup tinggi pada labu siam juga akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sementara, kandungan mangan akan membakar lemak jahat atau LDL di dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, serta ampuh menurunkan berat badan.

  1. Mengonsumsi labu siam rebus

Cara paling benar dalam mengonsumsi labu siam ini adalah dengan direbus sehingga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak hilang. Jika Anda termasuk orang yang malas olahraga, maka labu siam bisa jadi alternatif terbaik dalam menjalankan diet. Selain itu, labu siam termasuk sayuran yang murah dan praktis.

  1. Baik untuk diet lambung
Baca Juga:  Hoax Soal Air Lemon yang Bisa Sembuhkan Sakit Maag

Penderita gangguan lambung sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi labu siam karena tidak akan menghasilkan gas di dalam lambung. Diet lambung ini dilakukan dengan tujuan meringankan kinerja saluran pencernaan dan juga membantu menetralisir asam lambung berlebih. Diet dengan labu siam ini sangat baik untuk penderita radang usus besar, radang tenggorokan, diare, dan radang lambung.

  1. Diet rendah purin

Jika Anda menderita asam urat, maka usahakan untuk lebih sering mengonsumsi labu siam yang mengandung kadar purin rendah. Purin sendiri merupakan zat kimia yang terdapat dalam beberapa jenis makanan yang pada saat masuk ke pencernaan akan diubah menjadi kristal asam urat lalu menumpuk di saluran kencing, ginjal dan tangan.

Dengan mengonsumsi labu siam secara rutin, maka kadar asam urat bisa menurun sekaligus memperlancar sekresi asam urat. Caranya, yaitu dengan merebus atau mengukus labu siam.