Diet dengan Protein Nabati atau Hewani, Mana yang Lebih Ampuh?


Pertanianku Diet dengan protein nabati atau hewani, manakah yang lebih Anda pilih? Bukan serat saja yang bisa membantu berat badan turun, melainkan juga protein. Dalam hal ini, protein memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun.

Diet dengan protein nabati atau hewani
Foto: Google Image

Dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa protein punya cara tersendiri dalam membantu penurunan berat badan. Protein bekerja dengan cara mencegah perut keroncongan, meningkatkan jumlah kalori yang terbakar, membantu kerja hormon yang memengaruhi berat badan jadi lebih efektif, serta membangun dan membentuk otot.

Namun, jenis protein manakah yang lebih ampuh dan paling bisa diandalkan jika sedang diet, protein nabati atau protein hewani?

Banyak yang mengira protein nabati lebih baik dikonsumsi untuk diet ketat. Makanan yang berasal dari tumbuhan itu memang tampaknya lebih menjanjikan dan terasa lebih aman bagi lemak tubuh. Padahal, hal ini tak sepenuhnya benar.

Protein hewani juga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Justru, protein hewani lebih efektif dalam membentuk dan meningkatkan massa otot. Bahkan, jika dibandingkan dengan protein nabati, protein hewani masih lebih ampuh dan menjadi makanan yang baik bagi otot Anda.

Dengan bertambahnya massa otot, maka tumpukan lemak tersebut akan tersingkir secara perlahan. Sebagai gantinya, berat badan akan turun, juga otot-otot akan semakin kuat dan kencang. Namun, jangan salah, hal ini hanya bisa terjadi jika Anda juga berlatih keras dengan otot-otot Anda. Jadi, tak bisa hanya mengonsumsi protein hewani, Anda juga harus melakukan olahraga rutin setiap hari.

Berapa banyak protein yang harus dikonsumsi agar bisa menurunkan berat badan?

Sebaiknya hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian Anda. Biasanya, jika orang yang sedang diet, kalori yang sebaiknya dipenuhi dalam sehari adalah sekitar 1.500—1.800 kalori. Nah, kebutuhan protein untuk orang dewasa sendiri normalnya 10—15 persen dari kebutuhan kalori harian.

Baca Juga:  Tumbuhan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Prostat dan Ginjal

Atau, bisa juga Anda konsumsi protein sebanyak 0,8—1 gram per kilogram berat badan dalam satu hari. Jadi, misalkan berat badan Anda 65 kilogram, maka protein yang dibutuhkan adalah sekitar 52—65 gram per hari.

Meski memang protein hewani lebih efektif dalam membentuk otot-otot, Anda bisa menggabungkan kedua jenis protein ini di dalam menu makan diet Anda. Dengan begitu, menu makanan juga lebih beragam dan kandungan zat gizi yang didapat pun lebih banyak.