Dinas Pertanian Manado Bangun Tiga Kolam Ikan untuk Kelompok Tani Setempat


Pertanianku — Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado membangun tiga kolam ikan untuk kelompok tani di Kima Atas, Mapanget.tiga kolam untuk kelompok tani

 

Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Manado, Nolfie Talumewo, mengatakan bahwa kolam ikan tersebut diberikan sebagai bantuan bagi kelompok tani.

“Kolam ikan yang dibangun tersebut khusus untuk memelihara ikan lele jenis dumbo,” tegasnya, Jumat (17/11).

Selain tiga kolam untuk pemeliharaan ikan lele, Dinas Pertanian juga memberikan bantuan lainnya berupa bibit ikan yang disebarkan di tiga kolam tersebut. Bibit ikan yang disebarkan itu jumlahnya sekitar tiga sampai empat ribu.

Harapannya, bibit-bibit ikan tersebut bisa berkembang baik dan dapat dipanen tepat waktu, yakni sekitar dua hingga tiga bulan mendatang.

Talunewo mengungkapkan, kolam ikan dan bibit lele tersebut diberikan oleh pemerintah kota melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Manado. Tujuan utamanya sebagai salah satu upaya meningkatkan produksi ikan lele di daerah tersebut.

Tujuan lainnya adalah untuk mendorong perkembangan ekonomi, kesejahteraan kelompok tani, dan masyarakat pada umumnya.

“Anggarannya, berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 Pemerintah Kota (Pemkot) Manado,” ujar Talunewi.

Menurutnya, dengan memelihara dan mengembangkan lele di kolam tersebut, ikan yang akan dipanen lebih bersih dan sehat dikonsumsi.

“Apalagi ‘kan, ikan lele memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja,” katanya.

Dia mengaku, sudah meninjau kolam ikan tersebut sekaligus memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok tani setempat.

Baca Juga:  Indonesia Perlu Belajar dari Denmark Demi Bangun Pertanian Dalam Negeri