Dinas Peternakan NTB Terus Galakkan Penanaman Pakan Berkualitas


Pertanianku Penanaman pakan berkualitas terus digalakkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Nusa Tenggara Barat (NTB). Upaya ini dilakukan agar ketersediaan makanan ternak ruminansia tercukupi, terutama pada musim kemarau.

penanaman pakan berkualitas
Google Image

“Kami terus melakukan perluasan setiap tahun melalui Program Gerakan Penanaman dan Pengembangan Pakan Berkualitas (Gerbang Patas),” kata Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Pakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB Iskandar Zulkarnaen dikutip dari Republika Jumat (17/11).

Ia mengatakan, Pogram Gerbang Patas dilakukan dalam bentuk pemberian stek batang rumput gajah dan biji lamtoro (legum). Kedua tanaman pakan tersebut merupakan pakan berkualitas bagi ternak ruminansia.

Kedua jenis tanaman pakan tersebut diberikan kepada kelompok ternak sasaran untuk ditanam di lahan miliknya, kemudian dirawat hingga menghasilkan pakan secara terus-menerus. Selain itu, ada juga bantuan berupa polybag dan pupuk.

Iskandar memaparkan, pada 2017 target lahan tanam pakan seluas 196 hektare. Dimana masing-masing tersebar di Kabupaten Lombok Barat seluas 40 hektare, Lombok Tengah 70 hektare, Lombok Timur 50 hektare, dan Lombok Utara 35 hektare. Sementara, Kota Mataram tidak dialokasikan.

Pada Tahun Anggaran 2018, program tersebut akan dilakukan di lima kabupaten dan kota Pulau Sumbawa. Namun, dengan pola memanfaatkan hamparan lahan yang relatif luas. Berbeda dengan di Pulau Lombok yang memanfaatkan pematang sawah.

“Perluasan lahan tanam pakan sudah kami lakukan sejak beberapa tahun lalu. Itu dilakukan agar tidak ada lagi peternak mencari pakan hingga lintas kabupaten ketika musim kemarau,” ujarnya.

Nilai anggaran untuk penyediaan stek batang rumput gajah sebesar Rp686 juta. Sementara, benih legum senilai Rp975 juta dan polybag Rp68,2 juta. Ada juga pemberian pupuk senilai Rp195 juta atau Rp82 ribu per kuintal.

Baca Juga:  Panen Ayam Kampung Joper dalam 60 Hari

Menurut Iskandar, rumput gajah dan lamtoro memiliki kandungan nutrisi yang baik dalam memenuhi perkembangan berat badan ternak ruminansia, terutama sapi, kerbau dan kambing yang banyak dipelihara warga NTB.

“Para pakar pakan ternak di Universitas Mataram juga mendorong peternak di NTB, menanam rumput gajah dan lamtoro. Bisa juga di lahan kering,” ujarnya.

loading...
loading...