Disnak Sukabumi Pantau Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha


Pertanianku – Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban yang dijual di lapak-lapak pinggir jalan. Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin kelayakan hewan kurban agar terhindar dari sejumlah penyakit.

Disnak Sukabumi Pantau Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

“Rencananya, mulai pekan depan tim pemeriksa akan diterjunkan ke lapangan,” ucap Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan seperti dilansir dari Republika (25/8).

Mereka akan dikerahkan ke sejumlah kawasan yang banyak memperjualbelikan hewan kurban, baik sapi, kambing maupun domba. Misalnya di seputaran Kecamatan Cisaat, Pelabuhanratu, dan Cicurug. Petugas nantinya ungkap Iwan, akan memeriksa kesehatan hewan kurban yang ada di lapak ataupun kandang.

Bila hasil pemeriksaan hewan terbukti sehat, akan diberikan kalung dan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Sebaliknya, bila terbukti sakit, petugas melarang penjualan hewan kurban karena tidak layak jual. Disnak juga akan memberikan pelatihan penanganan pemotongan hewan kurban bagi pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM).

“Para pengurus DKM akan dibekali penanganan daging kurban agar terjaga kebersihannya,” kata Iwan Karmawan. Misalnya dengan tidak mencampurkan antara daging dan jeroan.

Targetnya, para pengurus DKM tersebut dapat memiliki pengetahuan yang memadai dalam mengurus daging agar sehat dan bersih. Dengan begitu, daging yang dibagikan kepada warga terjaga kualitasnya dengan baik. Iwan menuturkan, Disnak hingga kini masih mengumpulkan data terkait prediksi jumlah hewan kurban pada 2016.

Baca Juga:  Peta Lahan Pertanian Kini Tersedia Online
loading...
loading...