Dorong Koperasi Tani, Kementan Harapkan Kesejahteraan Petani


Pertanianku — Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) akan mendorong terbentuknya korporasi tani. Upaya tersebut bertujuan mensejahterakan para petani. Sebagai role model, korporasi petani akan dibentuk di Indramayu.

korporasi tani
Foto: Shutterstock

“Ini sangat bagus, bisa menguntungkan petani kita,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman seperti dikutip dari Republika, Rabu (6/6).

Amran menjelaskan, koperasi petani ini merupakan pembuktian bagaimana pemerintah mendorong, menjaga petani agar kesejahteraannya dapat meningkat.

Selain itu, diutarakannya bahwa keberadaan korporasi petani di Indramayu ini akan didorong untuk komoditas padi mulai dari pengolahan tanah, bibit hingga pupuk.

Termasuk di dalamnya dikatakan Amran, yakni proses pengemasan yang langsung masuk ke supermarket.

“Karena nilai tambahnya lebih banyak di processing dan itu akan didapatkan oleh petaninya,” ujarnya dia.

Terkait padi, Amran menyebut panen raya pada Juni dan Juli ini bisa melebihi periode yang sama dengan tahun lalu. Bahkan, angka panen diyakini di atas 20 persen hingga 30 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Ia pun optimistis hasil panen petani akan mampu diserap pemerintah, dalam hal ini Bulog. Untuk diketahui, serapan beras Bulog tahun ini baru mencapai 800-an ribu ton per 5 Juni.

“Kita serahkan ke Bulog supaya serap sebanyak-banyaknya,” tutur Amran.

Baca Juga:  Kualitas Ikan Patin Indonesia Berstandar Internasional