Dosis Kulit Manggis yang Aman untuk Dikonsumsi

Pertanianku — Kulit manggis merupakan obat herbal yang sudah terbukti sangat berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Meskipun demikian, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam jumlah dosis yang tepat. Sebab, jika dosis kulit manggis yang dikonsumsi dalam sehari berlebihan, hal tersebut justru kurang baik untuk kesehatan Anda.

dosis kulit manggis
foto: pixabay

Sebenarnya, berapa dosis kulit manggis yang aman untuk dikonsumsi dalam satu hari? Ekstrasi kulit buat manggis bisa dikonsumsi sebanyak 500 mg per bobot tubuh setiap harinya, angka tersebut masih diambang batas aman. Namun faktanya, pasien yang mengonsumsi ekstrak kulit manggis hanya mengonsumsi dalam kadar yang jauh lebih rendah dari dosis tersebut.

Peneliti dari Medical Plant Research Institute, Songpol dan rekan, menyebutkan kulit manggis yang diberikan sebanyak 500 mg setiap harinya tidak akan menimbulkan keracunan pada saat pemeriksaan darah.

Loading...

Dalam uji klinis, Songpol menggunakan 6 grup tikus yang terdiri atas 30 ekor tikus dalam satu grup. Songpol memberikan masing-masing grup dengan dosis yang berbeda, mulai dari 10 mg, 100 mg, 500 mg, dan 1.000 mg selama 6 bulan. Hasilnya, dosis tersebut aman dan tidak menghasilkan gangguan pada kandungan darah tikus.

Pada dosis yang diberikan sebanyak 500 mg menunjukkan adanya peningkatan produksi alanine transaminase, nitogen urea darah, dan kreatin dalam darah, tetapi peningkatannya masih dalam ambang batas wajar.

Namun, menurut ahli Farmakologi dari Universitas Padjajaran, Prof. Dr. Anas Subarnas, Apt., pasien penderita gangguan hati dan gagal ginjal harus menghindari dosis 500 mg dalam jangka waktu panjang. Lebih baik gunakan dosis dalam jumlah yang lebih rendah. Dosis 500 mg kulit manggis ternyata dapat menurunkan bobot tubuh, mungkin disebabkan oleh kandungan taninnya. Tiap 500 mg ekstrasi kulit manggis setara dengan 5 gram kulit manggis.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Memperbanyak ASI

Jika dalam berbentuk kapsul, biasanya para herbalis akan meresepkan sebanyak 2 kapsul tiga kali atau total dalam sehari sebanyak 6 kapsul. Dosis tersebut masih dibilang dalam batas aman. Bagi penderita kanker yang sering merasa mual, direkomendasikan untuk mengonsumsi kapsul. Jika ingin mengolah kulit buah secara langsung, tambahkan gula aren dan madu untuk meminimalisir timbulnya rasa mual.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...