Duku, Tanaman Buah Dataran Rendah

Pertanianku — Duku merupakan tanaman buah yang berasal dari iklim tropis, seperti Malaysia dan Indonesia. Tanaman duku tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian 600 m dpl dengan tipe tanah latosol, podsolik kuning, atau alluvial.

tanaman duku
foto: Pertanianku

Curah hujan yang dibutuhkan tanaman duku untuk tumbuh sekitar 1.500—2.500 mm/tahun. Buah ini lebih cocok ditanam di bawah nuangan atau di daerah yang terlindungi. Oleh karena itu, Anda bisa menjumpai tanaman duku di daerah tegalan atau pekarangan bersamaan dengan tanaman tahunan lainnya, seperti petani dan durian.

Tanaman duku diperbanyak melalui biji dan sambung pucuk. Biji yang akan digunakan sebagai benih harus dibersihkan terlebih dahulu dari daging buah yang masih menempel.

Jika Anda tertarik menanam duku, pastikan buah duku yang dipilih merupakan varietas unggul. Pasalnya, varietas unggul pasti akan menghasilkan buah yang lebih bagus dan lebih tahan terhadap serangan hama serta penyakit. Varietas duku yang unggul antara lain condet, matesih, dan ogan komering atau duku palembang yang sangat terkenal.

Di sekitar batang tanaman sebaiknya diberikan mulsa jerami kering pada musim kemarau. Mulsa tersebut tidak boleh menutup bagian pangkal batang. Mulsa tersebut berguna mencegah serangan rayap yang sulit terlihat dan mencegah leher batang menjadi terlalu basah.

Lumut dan benalu yang tumbuh di batang tanaman harus dibersihkan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Tanaman duku sudah bisa berbuah setelah berumur 8—17 tahun, bergantung pada cara pemeliharaannya. Umumnya, masa berbunga tanaman terjadi di Desember hingga Januari.

Tanaman duku tidak hanya menghasilkan buah duku yang manis. Kayu tanaman terbilang cukup keras sehingga bisa digunakan sebagai bahan bangunan. Sementara itu, kulit buah duku yang lebih sering dibuang sebenarnya dapat diolah menjadi obat nyamuk atau setanggi.

Baca Juga:  Tips Membeli Pupuk Organik di Pasaran

Masyarakat Indonesia sering mengolah kulit kayu tanaman untuk dijadikan obat tradisional meredakan demam.

Saat ini buah duku terkenal sebagai buah meja yang dikonsumsi dalam keadaan segar. Buah ini akan terasa pahit apabila bijinya ikut termakan karena ada beberapa biji buah duku berukuran cukup kecil.


loading...