Durian Duri Hitam vs Musang King, Mana yang Lebih Unggul?

Pertanianku — Pencinta durian pasti sudah tidak asing dengan kedua jenis durian ini, yaitu durian duri hitam dan dan musang king. Kedua jenis durian tersebut sama-sama berasal dari Malaysia dan merupakan durian unggulan dengan cita rasa serta aroma yang sangat lezat. Jika keduanya dibandingkan, kira-kira mana yang lebih unggul. Simak ulasan berikut!

durian duri hitam
foto: Pertanianku

Ciri khas

Duri pada buah durian duri hitam berwarna kehitaman di bagian ujungnya dan tidak terlalu tajam. Duri hitam pada buah ini menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh buah durian mana pun termasuk musang king. Sementara itu, durian musang king terkenal memiliki penampilan fisik yang menarik karena juring pada kulitnya terlihat rapi.

Cita rasa

Soal rasa, kedua jenis durian ini sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Keduanya merupakan durian unggulan yang sudah memenangkan kejuaraan.

Si duri hitam memiliki daging yang terasa manis, legit, dan ada sedikit rasa pahit. Ketika disantap, daging durian terasa lumer di mulut. Dagingnya mengeluarkan aroma yang sangat khas, harum tetapi tidak terlalu tajam sehingga tidak akan mengganggu indra penciuman seseorang yang tidak menyukai durian.

Sementara itu, musang king memiliki daging tebal dan berwarna kuning terang menyala. Rasanya manis dan pahit dengan tekstur yang creamy.

Tingkat adaptasi

Kedua jenis durian unggulan ini memiliki tingkat adaptasi yang tinggi di Indonesia sehingga Anda bisa mengebunkannya. Sebelum berkebun durian, pastikan bibit yang Anda gunakan adalah bibit berkualitas. Sebab, hanya dari bibit berkualitas Anda bisa menghasilkan tanaman durian yang rajin berbuah.

Bibit durian duri hitam dan musang king berkualitas bisa Anda dapatkan di Toko Trubus, baik melalui online maupun datang langsung ke lokasi Toko Trubus terdekat. Untuk informasi terkait bibit durian duri hitam dan musang king, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

Baca Juga:  Agave sisalana, Penghasil Serat Sisal yang Ramah Lingkungan

Genjah

Duri hitam tergolong durian yang genjah atau mudah berbuah. Jika dirawat dengan baik, Anda bisa memanen durian saat tanaman sudah berumur 3—4 tahun setelah tanam jika bibit yang digunakan merupakan bibit okulasi atau tempel. Waktu panen tesebut terbilang lebih cepat dibanding jenis durian lain yang biasanya baru bisa dipanen setelah berumur 5—6 tahun setelah tanam.


loading...