Durian Favorit di Asia Tenggara

Pertanianku — Ada banyak jenis durian di dunia, apalagi di wilayah Asia Tenggara. Durian menjadi primadona di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan lain-lain. Setiap negara memiliki durian dengan cita rasa dan keunikan yang berbeda-beda. Jika ditanya durian favorit, pasti jawaban orang-orang akan berbeda, apalagi jika berasal dari negara yang berbeda.

durian favorit
foto: pexels

Negara di luar Indonesia memiliki durian favorit versi mereka. Berikut ini beberapa jenis durian favorit di negara-negara Asia Tenggara.

Malaysia

Loading...

Negara tetangga yang sangat dekat dari Indonesia ini memiliki banyak jenis durian yang enak dan lezat. Durian yang paling disukai oleh masyarakat Malaysia adalah udang merah dengan tekstur daging yang lembut dan tidak berserat, durian D24 yang berukuran sedang dengan daging buah yang tebak, raja kunyit dengan daging buah yang sangat lembut, dan si duri hitam dengan daging buahnya yang berwarna kuning serta rasanya manis legit.

Vietnam

Durian yang paling populer di Vietnam adalah Sau Rieng Ri 6. Durian ini sangat mudah dijumpai di Kota Ho Chi Minh dan beberapa kota lainnya di Vietnam. Durian ini berwarna kuning cerah, warnanya mirip durian musang king asal Malaysia sehingga sangat menggugah selera. Daging buahnya tebal dan berserat. Soal rasa tidak perlu ditanya, durian Sau Rieng Ri 6 memiliki rasa yang sangat khas.

Filipina

Saat ini, Filipina sudah mulai mengembangkan produksi durian menjadi lebih luas. Hampir seluruh pohon durian tumbuh ekslusif di berbagai wilayah di Filipina. Di antara jenis-jenis durian yang terkenal, durian arancillo dan puyat merupakan durian favorit yang sering dicari.

Durian arancillo bercita rasa yang kuat namun agak sedikit pahit. Daging buahnya sangat tebal dan halus. Namun, durian arancillo cepat membusuk, apalagi jika masuk musim hujan. Sementara itu, durian puyat memiliki daging buah yang terasa pahit manis dan sangat tebal. Porsi edibel durian puyat lebih tinggi dibandingkan arancillo, yaitu 40 persen.

Baca Juga:  Budidaya Bawang Merah Ramah Lingkungan Hasilkan Produk Organik

Thailand

Thailand adalah negara penghasil durian utama di dunia, tak heran jika beberapa jenis durian unggulan datang dari negara ini. Salah satu jenis durian yang paling terkenal adalah durian monthong dengan daging buah yang seperti bantal, berwarna kuning muda, dan rasanya sangat lezat. Jenis durian lainnya yang tidak kalah unggul adalah kanyao chanee dan krodumthong.

Loading...
Loading...