Durian Lokal Unggul yang Tak Kalah Lezat dari Durian Impor

Pertanianku — Jika selama ini konsumen di dalam negeri masih mengenal durian impor sebagai durian unggulan. Saat ini sudah saatnya konsumen dalam negeri mengetahui beberapa jenis durian lokal unggul yang tidak kalah lezat dari durian impor. Berikut ini beberapa jenis durian lokal yang wajib Anda coba.

durian lokal unggul
foto: Pertanianku

Durian bawor

Nama bawor diambil dari tokoh Punakawan, salah satu pengikut Pandawa yang terkenal berhati mulia dan bersikap terbuka. Tokoh ini merupakan maskot dari Kabupaten Banyumas. Ternyata, bawor juga merupakan akronim dari batang owor-owor, yaitu sistem perbanyakan tanaman yang digunakan untuk tanaman durian bawor.

Tingkat popularitas durian bawor terbilang tinggi dan bisa ditanam di tanah yang gersang serta kurang produktif. Bawor terkenal dengan bobot buah berukuran cukup besar, daging buahnya tebal dan berwarna kuning, serta rasanya manis.

Durian merah banyuwangi

Durian ini sering disebut sebagai sunrise of java dan telah dirilis oleh Kementerian Pertanian sejak 2015. Daging buah durian merah berwarna jingga terang dengan ketebalan daging sekitar 15—16,5 mm. Durian merah banyuwangi terasa manis dan sedikit pahit. Sementara itu, aromanya terbilang sedang sehingga tidak terlalu menyengat.

Durian merah menjadi salah satu durian unggulan yang berhasil menarik perhatian para juri dalam kontes durian. Keunggulan buah ini terletak pada warna daging buah, ketebalan daging, dan sensasi after taste.

Durian pelangi

Durian pelangi memiliki gradasi warna pada bagian daging buahnya, mulai dari warna oranye, kuning, hingga putih. Gradasi warna tersebut telah mampu memikat hati para penggemar durian hanya dari tampilannya. Bagian durian yang bisa dimakan sekitar 43 persen. Jumlah ini lebih besar dibanding durian monthong yang hanya sekitar 30—32 persen. Daya simpan daging buah cukup lama sekitar 5 hari pada suhu ruangan.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membangun Rumah Sarang Walet

Daging durian pelangi terasa manis gurih atau manis pahit dengan aroma yang lebih ringan sehingga tidak terlalu menyengat.

Durian matahari

Durian matahari merupakan durian lokal unggul yang berasal dari Bogor. Keunggulannya terletak pada warna daging buah yang cerah seperti matahari. Daging buah durian matahari juga terbilang tebal, terasa manis legit, dan tidak beralkohol. Tekstur daging berserat halus dan terasa kering atau tidak berair.

Anda bisa memulai berkebun durian lokal unggulan dengan mendapatkan bibitnya di Toko Trubus. Selama Januari 2021 ini, ada promo menarik untuk bibit durian lokal unggulan di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan berbagai keperluan berkebun durian, mulai dari bibit tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus untuk informasi lebih lanjut.