Durian Musang King Kaki Tiga, Bibit Durian Unggul yang Mudah Ditanam

Pertanianku — Saat Anda akan membeli bibit durian musang king, mungkin Anda menemukan pilihan bibit durian musang king kaki tiga dan musang king biasa. Durian musang king kaki tiga merupakan jenis bibit durian yang dihasilkan dari rekayasa genetika pada induk durian musang king berkaki satu sebagai batang utama dan ditopang dengan dua batang durian lokal berkualitas.

durian musang king kaki tiga
foto: Pertanianku

Batang bagian atas diambil atau diokulasikan dengan tanaman musang king dewasa yang berkualitas dan sudah berbuah dengan lebat. Oleh karena itu, rekayasa genetika ini dapat menghasilkan bibit musang king berkaki tiga dengan sistem perakaran yang kuat dan cepat berbuah.

Musang king kaki tiga biasanya sudah mampu berbuah saat berumur 3—5 tahun setelah tanam meski sosok pohonnya masih pendek. Buah-buah yang tumbuh akan bergelantungan di dahan. Sifat pohon yang genjah dapat menguntungkan Anda yang ingin menanam pohon durian musang king di rumah atau kebun.

Cara budidaya musang king kaki tiga hampir sama seperti durian musang king kaki tunggal. Perbedaannya hanya terletak saat menanam bibit di lahan. Saat bibit musang king kaki tiga ditanam di lahan, bagian kaki-kakinya harus direnggangkan di setiap sisinya. Hal ini bertujuan mencegah kaki bibit saling bertabrakan dan bibit dapat lebih mudah mencari unsur hara.

Sebelum ditanam, Anda perlu memerhatikan 5 hal utama, yaitu bibit, lahan, lubang tanam, penanaman, dan pupuk. Pastikan Anda menggunakan bibit unggul seperti bibit durian musang king kaki tiga yang bisa Anda dapatkan di Toko Trubus. Tidak hanya bibit kaki tiga, Toko Trubus juga menyediakan bibit durian musang king kaki tunggal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.

Baca Juga:  Menanam Jagung Tanpa Olah Tanah

Saat bibit masih muda, bibit tidak boleh terkena matahari langsung secara terus-menerus. Simpan bibit di tempat semiteduh.

Lahan yang akan digunakan harus dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan pohon penaung yang dapat mengurangi intensitas cahaya. Lubang tanam yang ideal untuk musang king kaki tiga setinggi 1 m sekitar 50 × 50 × 50 cm. Berikan pupuk kandang ke lubang tanam pada 1—2 hari sebelum bibit ditanam.

Jarak tanam yang ideal untuk musang king adalah 8 × 8 m atau 10 × 10 m. Bibit perlu disiram sebanyak satu kali pada musim kemarau untuk menjaga kesegaran bibit tanaman.