Durian Pelangi, Durian Istimewa Asal Manokwari

Pertanianku— Sesuai dengan namanya, durian pelangi memiliki daging berwarna seperti pelangi. Daging durian ini memiliki tiga warna, yaitu merah, oranye, dan kuning. Ketiga warna tersebut bergradasi sehingga menyebabkan penampilannya menjadi sangat cantik. Nyatanya, durian ini memang merupakan durian istimewa asal Manokwari.

durian pelangi
foto: Pertanianku

Durian pelangi mengeluarkan aroma yang sangat khas dan ukuran buahnya cukup besar dengan bobot per buah sekitar 2—3 kg per butir. Daging buah durian ini terbilang cukup tebal dengan ukuran biji agak besar.

Bagian buah yang bisa dimakan mencapai 43 persen. Bagian tersebut terbilang cukup besar jika dibandingkan durian monthong yang hanya sebesar 30—32 persen dan durian lokal pada umumnya yang hanya sekitar 20—25 persen.

Daging durian pelangi terasa lezat dan manis dengan tekstur lembut dan agak sedikit lengket. Kadar alkohol di dalam daging durian relatif lebih rendah dibanding jenis durian lokal pada umumnya.

Durian asal Manokwari dengan daging bergradasi merah, jingga, dan kuning ini akan menjadi durian andalan Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Keunggulan yang ada pada durian ini sudah diakui secara internasional sebagai kekayaan hayati Indonesia.

Perpaduan warna pada daging durian disebabkan oleh perkawinan silang antara D. zibethinus dan D.graveolens. Jenis D. graveolens dianggap sebagai pembawa warna merah pada daging buah.

Nama pelangi disematkan pada buah durian ini karena dagingnya memiliki lima lapis warna. Buah ini ditemuan di Prafi, sekitar 72 km dari Manokwari. Pada mulanya tidak ada yang mengetahui secara pasti kenapa warna pada daging buah ini bergradasi. Gradasi warna tersebut diduga kuat disebabkan oleh perkawinan silang yang terjadi secara alami.

Kini, durian berwarna-warni ini sudah dibudidayakan dan tersebar di Medan, Nunukan, Bangka, Bogor, dan Magelang. Jenis durian ini cukup adaptif di lahan longsor.

Baca Juga:  Tanda-tanda Tanaman Melon Kekurangan Unsur Hara

Buah durian pelangi sangat berpotensial untuk terus dikembangkan. Untuk bertanam durian pelangi, Anda bisa mendapatkan bibit durian pelangi berkualitas di Toko Trubus. Selain bibit durian lokal berkualitas, Toko Trubus menghadirkan pula bibit durian introduksi unggul.

Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam perlengkapan berkebun, mulai dari bibit dan benih tanaman hingga pupuk dan pestisida. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Anda juga bisa mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.