Durian Petruk, Varietas Durian Unggul Nasional

Pertanianku — Pencinta durian pasti mengenali varietas durian yang satu ini. Durio Zybethinus zybethinus, kultivar petruk merupakan varietas durian unggul nasional yang masih terus diteliti dan dikembangkan di Indonesia.

durian unggul nasional
Foto: Instagram pasarpagimanggaduajakarta

Nama durian petruk diambil dari nama penemunya, Pak Petruk. Pak Petruk sendiri berasal dari Dukuh Randusari, Desa Tahunan, Kabupaten Jepara. Hingga kini, durian kualitas ini masih terus dijuluki durian petruk.

Ciri fisik durian petruk bisa dikenali dari beberapa hal. Buah durian ini berbentuk telur terbalik dengan bagian ujungnya agak runcing. Sementara, kulit buahnya tipis, sekitar 3 milimeter. Warna kulit tersebut hijau kekuningan.

Daging buah durian petruk berwarna kuning, berserat halus, dan bertekstur agak lembek. Berbeda dengan durian pada umumnya, durian petruk tidak mengeluarkan aroma yang menyengat.

Jumlah pongge atau biji durian per buah berkisar antara 5 hingga 10 biji sempurna. Ukuran biji tersebut relatif kecil dan berbentuk lonjong.

Satu pohon durian petruk biasanya menghasilkan 50—150 buah per tahunnya. Adapun berat satu buah durian berkisar antara 1—1,5 kilogram.

Keunggulan durian ini sangat beragam. Tingkat ketahanannya terhadap hama dan penyakit busuk akar menjadi pertimbangan pembudidaya untuk berkebun durian petruk. Selain itu, dari segi rasa dan bentuk, durian petruk memiliki bentuk sebesar dan setebal durian montong. Akan tetapi, rasanya lebih mirip durian musangking.

Durian petruk juga punya banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya memperlancar dan melindungi kesehatan pencernaan karena mengandung serat, memelihara kesehatan kulit dengan vitamin C, dan mengurangi stres berkat kandungan piridoksin.

Durian petruk hingga saat ini masih terus diteliti dan dikembangkan di Indonesia sebagai salah satu varietas unggulan. Setiap tahun, Jepara menjadi tuan rumah lomba buah-buahan. Durian merupakan salah satu jenis buah yang diunggulkan dan dilombakan. Tiap Desember, durian petruk selalu diikutsertakan dalam perlombaan.

Baca Juga:  Bikin Gemas! Instagram Ini Isinya Deretan Cowok Ganteng dengan Durian

Jika Anda berkunjung ke Jepara, Anda bisa mencari buah durian petruk di Pasar Ngabul. Lokasinya terletak sekitar 7 kilometer dari Kota Jepara dari Kudus.

Harga durian petruk dibandrol dengan harga termurah Rp75.000 per buahnya. Harga tersebut hanya untuk buah berukuran kecil. Tentu saja Anda harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin menikmati buah durian petruk ukuran besar. Dengan berbagai keunggulan dan harganya yang tinggi, apakah Anda mulai tertarik berkebun durian petruk?

Loading...