Durian Tanpa Duri Asal Rinjani

Pertanianku — Buah durian dikenali dari kulitnya yang memiliki banyak duri. Selain itu, rasa dan aromanya yang menyengat menjadikan buah ini banyak peminat. Namun belum lama ini, ditemukan buah durian tanpa duri asli dari Indonesia. Buah unik tersebut ditemukan berasal dari lereng Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat.

durian tanpa duri
Foto: instagram viralcham

Buah durian yang menarik banyak perhatian warganet tersebut merupakan varietas durian si Gundul.  Buah ini sendiri pertama kali didaftarkan sebagai varietas unggul pada 22 April 2008 silam. Durian ini didaftarkan dengan Nomor: 440/Kpts/SR.120/4/2008 dengan nama si Gundul.

Pohon induk dari durian nyentrik ini bisa ditemukan di tepi kawasan hutan lindung Gunung Rinjani, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Loading...

Walaupun tidak memiliki duri, penampakan durian ini mirip seperti durian pada umumnya. Daging buahnya tampak di bagian dalam ketika buah ini dibuka berwarna kuning muda. Begitu pula dengan rasanya yang manis. Selain itu, daging buah ini pun tebal, sama seperti buah durian kebanyakan. Satu buah durian si Gundul yang sudah matang bisa mencapai berat 0,87—1,5 kilogram.

Durian tanpa duri memiliki daya adaptasi yang cukup baik. Durian ini bisa ditemui di dataran tinggi hingga dataran menengah. Di NTB sendiri, selain berada di lereng Gunung Rinjani juga bisa ditemui di beberapa wilayah lainnya.

Berdasarkan data yang dikutip dari Suara.com, perbanyakan benih yang dilakukan melalui sertifikasi pada 2008 hingga 2018, terdapat 23.409 batang pohon durian tanpa duri. Pohon durian ini tersebar di seluruh wilayah NTB. Beberapa pohon bahkan ditanam di luar provinsi di Indonesia.

Sayangnya, buah durian tanpa biji belum banyak ditemukan di pasaran. Walaupun bisa tumbuh dengan baik, pohon durian tampaknya sulit berbuah. Salah satu faktor yang ditengarai menjadi penyebab bunga gagal berbuah adalah karena faktor cuaca.

Baca Juga:  Peluang Ekspor Avokad Ke Jepang Terbuka Lebar

Nusa Tenggara Barat sendiri dikenal memiliki banyak komoditas pertanian unggulan. Tak hanya durian si Gundul yang sangat unik, ada lagi jenis buah-buahan lain. Sebut saja buah manggis yang ditemukan di Narmada dan bawang putih yang banyak ditemukan di Sembalun.

Loading...
Loading...