Edamame Asal Indonesia Mampu Kuasai Pasar Ekspor 13 Negara

Pertanianku — Pada 2019, Indonesia sudah berhasil mengekspor komoditas edamame hingga mencapai 6.790,7 ton. Perusahaan yang berhasil memegang peranan dominan dalam ekspor adalah PT Mitra Tani Dua Tujuh (M27). Perusahaan tersebut telah mengekspor sebanyak 4.525,82 ton atau setara dengan 66,6 persen dari total jumlah komoditas yang sudah diekspor.

edamame
foto: pixabay

Saat ini PT Mitra Tani Dua Tujuh (M27) sudah berhasil mengirimkan komoditas edamame dari Indonesia ke-13 negara. Pencapaian yang sudah didapatkan oleh M27 mendapatkan apresiasi dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang ditemui saat pelepasan ekspor 92 ton edamame di Jember.

Edamame merupakan komoditas unggulan kota Jember sehingga 92 ton komoditas tersebut setara Rp2,6 miliar yang dikirim dengan 4 kontainer. Kemajuan sentra komoditas ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia sebenarnya mampu untuk menghasilkan produk tani yang memiliki nilai jual.

Loading...

Selain itu, dengan kerja sama antara pemerintah dan pihak pengembang untuk memajukan komoditas ini menjadi bentuk nyata keseriusan semua pihak untuk memajukan bidang pertanian Indonesia.

Pemerintah berharap agar edamame yang sudah dikembangkan di Jember dapat diterapkan di wilayah Indonesia lainnya yang memang berpotensi untuk mengembangkan komoditas ini.

“Potensi ekspor edamame ini masih sangat besar, saya yakin kita masih mampu untuk meningkatkannya hingga tiga kali lipat. Tidak hanya edamame segar yang kita ekspor, namun kita upayakan olahannya pun dapat kita ekspor,” ujar Syahrul seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Saat ini edamame asal Indonesia sudah diberikan jaminan kesehatan dan keamanan melalui Phytosantay Certificate (PC) agar komoditas ini mampu menembus negara-negara lain. Negara yang sudah berhasil ditembus ialah Jepang, USA, Australia, Timur Tengah, Dubai, Thailand, Vietnam, Singapore, Malaysia, Belanda, Kanada, dan Kuwait.

Baca Juga:  Balitbangtan Terapkan Peremajaan Pohon Karet Rakyat Secara Bertahap

Jumlah yang diekspor pada 2019 mengalami kenaikan sebesar 10,5 persen dibanding 2018. Kegiatan perusahaan M27 juga bergerak dalam bidang industri sayuran beku dengan menggandeng para petani lokal untuk bermitra dan memproduksi hasil tani berkualitas untuk diekspor.

Loading...
Loading...