Edamame dan Kacang Kedelai, Apa Sih Perbedaannya?


Pertanianku — Pernahkah Anda mengonsumsi edamame? Sekilas, edamame memang mirip dengan kedelai, bahkan banyak yang mempertanyakan apakah edamame dan kacang kedelai itu sama atau tidak?

edamame dan kacang kedelai
Foto: Pixabay

Nah, sebenarnya semua edamame itu termasuk kedelai. Namun, tidak semua kedelai adalah edamame. Anda mungkin bingung, mengapa begitu?

Edamame merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda dan hijau. Kedelai muda ini sering dikonsumsi sebagai camilan. Rasanya manis dan teksturnya juga tidak terlalu renyah jika dibandingkan dengan kacang kedelai yang sudah matang.

Selain itu, kacang kedelai muda yang biasa disebut sebagai edamame ini bisa direbus bersama dengan kulitnya. Berbeda dengan kacang kedelai yang biasa diolah setelah dikeluarkan dari kulitnya.

Di Jepang, edamame dan kedelai biasa dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari secara bersamaan namun dengan pengolahan yang berbeda. Edamame biasanya disantap sebagai hidangan pembuka atau hidangan pelengkap tanpa ditambah dengan makanan apa pun. Sementara, kedelai harus diolah terlebih dahulu hingga akhirnya bisa menjadi makanan yang bisa dikonsumsi.

Kacang kedelai biasa diolah menjadi berbagai hidangan seperti natto, miso, dan kinako. Jika ingin mengonsumsi kacang kedelai tanpa dicampur apa pun, maka harus direndam dengan air terlebih dahulu, kemudian dberikan bumbu. Baru setelah itu, kedelai bisa dipanggang.

Kacang kedelai juga bisa diolah menjadi minyak kedelai, tahu, dan susu kedelai. Sebaliknya, edamame tidak dapat diolah menjadi produk-produk tersebut.

Terkait nutrisi, kedelai merupakan satu-satunya tanaman kacang yang mengandung protein paling lengkap. Edamame dan kedelai sama-sama memiliki nutrisi tersebut karena mereka merupakan tanaman yang sama. Hanya saja, kadarnya sedikit berbeda.

Penelitian menunjukkan bahwa edamame memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dbandingkan dengan kedelai matang. Namun demikian, kedelai yang sudah matang mengandung kadar lemak dan karbohidrat yang lebih tinggi. Selain itu, kedelai matang juga lebih banyak memiliki kadar asam folat dan kalsium daripada edamame.

Baca Juga:  Ini Dia Jenis Kacang yang Ampuh Atasi Hipertensi

Jadi, itulah perbedaan antara edamame dan kedelai. Ternyata, kedua bahan itu sebenarnya berasal dari satu tanaman yang sama. Hanya saja, pengolahannya yang membuat mereka menjadi berbeda.